Comscore Tracker

Komnas HAM: Pernyataan Jokowi Soal Kasus Novel Baru Statement Politik

Komnas HAM akan menyurati Presiden Jokowi dan Kapolri

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyatakan pelaku penyiraman air keras terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan akan dipublikasikan dalam beberapa hari mendatang.

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengatakan bahwa pihaknya belum mendengar informasi terkait pelaku penyiraman Novel, apalagi soal perkembangan kasusnya.

"Ini kan baru statement politik," kata Beka saat dihubungi di Jakarta, Selasa (10/12).

1. Komnas HAM belum mendapat informasi soal pelaku penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan

Komnas HAM: Pernyataan Jokowi Soal Kasus Novel Baru Statement PolitikIDN Times/Margith Juita Damanik

Beka mengatakan, baik pihak Komnas HAM maupun kuasa hukum Novel belum ada yang membahas informasi yang diungkapkan oleh Presiden Jokowi.

"Belum, belum. Belum ada artinya secara formal kami belum ada informasi terkait dengan perkembangan kasus Novel," kata dia.

Minggu lalu, kata dia, kuasa hukum Novel memang menemui Komnas HAM untuk mencari tahu perkembangan terbaru dari kasus Novel.

"Tapi sampai saat ini kami belum dapat informasi dari kepolisian terkait informasi yang disampaikan oleh presiden tadi, begitu," katanya.

Baca Juga: Amnesty International: Kapolri Harus Bongkar Kasus Novel Secara Utuh

2. Sebelum ada pernyataan dari Jokowi, Komnas HAM sudah berencana surati Kapolri

Komnas HAM: Pernyataan Jokowi Soal Kasus Novel Baru Statement PolitikKapolri Jenderal Pol Idham Azis di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 3 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Beka mengatakan, Komnas HAM sudah berniat untuk menyurati Kepala Polisi RI Jenderal Idham Azis untuk menanyakan perkembangan penyidikan, namun belum bisa dilaksanakan.

"Belum, paling satu atau dua hari ini, karena kami sedang ada acara di DPR. Tapi karena Ketua (Komnas HAM) sudah memutuskan kami secepatnya akan kirim," ujar dia.

Komnas HAM akan menanyai perkembangan rekomendasi yang mereka berikan serta informasi yang disampaikan Jokowi hari ini.

3. Jokowi menyatakan Polri siap ungkap pelaku teror Novel Baswedan

Komnas HAM: Pernyataan Jokowi Soal Kasus Novel Baru Statement PolitikPresiden Jokowi memberikan keterangan pers. (IDN Times/Indiana Malia)

Presiden Jokowi mengatakan pelaku penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan. Presiden Joko 'Jokowi' Widodo mengatakan, informasi itu didapatkan setelah bertemu Kapolri Jenderal Idham Azis di Istana Negara kemarin, Senin (9/12).

"Kapolri saya tanya langsung dan ingin penegasan, ada progress apa gak. Dijawab ada temuan baru yang sudah menuju kesimpulan. Saya bilang secepatnya diumumkan siapa (pelakunya). Saya gak bilang bulan, ya berarti dalam waktu harian," kata Jokowi usai Rakornas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah di Jakarta, Selasa (10/12).

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi: Penyiram Air Keras Novel Baswedan Segera Diumumkan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya