Komnas HAM Selesai Periksa 15 HP, Kasus Brigadir J Makin Terang

Komnas HAM belum bisa umumkan hasil pemeriksaan HP

Jakarta, IDN Times - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akhirnya memeriksa 15 handphone terkait kasus kematian Brigadir J, dengan memintai keterangan tim Siber Polri. Pemeriksaan dilakukan tiga tahap.

Pemeriksaan yang dilakukan Komnas HAM berkenaan dengan data komunikasi pihak-pihak yang ada saat peristiwa terjadi, atau orang-orang yang ada dalam konstruksi kasus kematian polisi 27 tahun itu.

"Barusan kami memeriksa kembali tim Siber dan penyidik dalam waktu yang singkat saja sekitar 30 menit, karena tadi ini lebih daripada melengkapi bahan-bahan yang sebelumnya sudah diberikan pada beberapa penjelasan," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/8/2022).

Komnas HAM belum dapat menyimpulan hasil pemeriksaan terkait handphone. Mereka baru akan mengumpulkan bahan dari hasil tiga kali pemeriksaan.

"Yang ketiga kami akan analisis internal, setelah itu kami baru bisa membuat beberapa kesimpulan. Tetapi tentu saja memang bahan-bahannya memberikan semakin banyak informasi, data-data yang memperterang masalah ini," kata Taufan.

Komnas HAM baru akan menganalisis hasil pemeriksaan hari ini, dan baru dapat memberikan kesimpulan beberapa hari ke depan.

Baca Juga: Komnas HAM Lanjut Periksa HP Terkait Kasus Kematian Brigadir J

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya