Kondisi Muka Air Manggarai Turun, Anies: Banjir Jakarta Terkendali

Anies mengklaim jumlah pengungsi menurun jadi 5.000 orang

Jakarta, IDN Times - Kondisi Pintu Air Manggarai pada Kamis (2/1) pada pukul 16.00 WIB kini berada di ketinggian 750 cm. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kondisi ibu kota secara perlahan telah semakin terkendali

"Sudah jauh lebih rendah dibanding kondisi kemarin mencapai 900 cm," kata Anies di Pintu Air Manggarai, perbatasan Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, Kamis (1/2) sore. 

1. Anies Klaim jumlah pengungsi menurun

Kondisi Muka Air Manggarai Turun, Anies: Banjir Jakarta TerkendaliBanjir daerah Jakarta Barat (IDN Times/Lia Hutasoit)

Menurut Anies, pada Rabu (1/1) ada sekitar 19.000 pengungsi yang terdampak karena banjir di Jakarta. Namun, pada Kamis (2/1) jumlah pengungsi telah menurun menjadi 5.000 orang, menurutnya hal tersebut karena sebagian rumah warga telah bisa dimasuki kembali.

"Langkah yg kita lakukan sekarang adalah melakukan pembersihan fasilitas umum, jalan, gang di kampung, rumah," kata dia.

Baca Juga: Daerah Normalisasi Bisa Kena Banjir, Anies Lempar Solusi ke Pusat

2. Pemprov DKI akan sediakan karbol untuk warga bersih-bersih

Kondisi Muka Air Manggarai Turun, Anies: Banjir Jakarta TerkendaliIlustrasi Banjir daerah Jakarta Barat (IDN Times/Lia Hutasoit)

Anies berharap agar situasi air yang surut ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk bersih-bersih, maka dari itu pihak Pemprov DKI Jakarta akan menyiapkan desinfektan serta karbol untuk dibagikan pada masyarakat.

3. Siapkan ratusan pompa air selama banjir Jakarta

Kondisi Muka Air Manggarai Turun, Anies: Banjir Jakarta TerkendaliGubernur Anies Baswedan meninjau lokasi banjir di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur (IDN Times/Lia Hutasoit)

Selama banjir, Pemprov DKI menyiapkan 478 pompa yang bekerja untuk menarik air. Selanjutnya, pihaknya akan melakukan pembersihan secara masif.

"Dalam proses ini semua sebagian masih belum dapat aliran listrik maka kebutuhan dasar masih kendala," ujarnya.

Maka dari itu pihaknya akan menyiapkan makanan dan minuman yang tersedia di 113 posko di Jakarta.

Baca Juga: Anies Baswedan Tinjau Banjir Jakarta, Warga Teriak Minta Makan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya