Krematorium TPU Tegal Alur Layani Kremasi 6 Jenazah Per Hari, Gratis

Kremasi gratis ini untuk warga DKI Jakarta

Jakarta, IDN Times - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Jakarta Barat mulai melayani kremasi jenazah COVID-19 bagi warga DKI Jakarta. Pelayanan berlaku sejak Jumat, 23 Juli 2021.

Ketua Umum Sosial Himpunan Bersatu Teguh Riau, Andreas Sofiandi menjelaskan, pelayanan krematorium dibuka setiap hari. Mesin kremasi bisa mengkremasi satu jenazah selama 2-3 jam.

"Bila kami bekerja selama 15 jam, berarti enam jenazah yang dikremasi. Kami berharap mesin ini bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat membantu dan memudahkan masyarakat," ujar Andreas seperti dikutip IDN Times, Senin (26/7/2021).

Baca Juga: Alat Kremasi TPU Tegal Alur Beroperasi Jumat Pekan Ini

1. Pelayanan kremasi gratis atau tidak dipungut biaya

Krematorium TPU Tegal Alur Layani Kremasi 6 Jenazah Per Hari, GratisPetugas memeriksa nyala api saat mengkremasi jenazah yang terpapar COVID-19 di Krematorium Keputih, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (2/2/2021). (Antara Jatim/Moch Asim)

Andreas memastikan, pelayanan kremasi akan maksimal dan tidak dipungut biaya alias gratis. Prosedur untuk kremasi pun mudah.

Warga tinggal melapor ke pengelola TPU Tegal Alur dengan membawa foto copy KTP dan surat keterangan dari rumah sakit untuk kremasi. 

2. Fasilitas kremasi disiapkan untuk menghindari calo atau kartel

Krematorium TPU Tegal Alur Layani Kremasi 6 Jenazah Per Hari, GratisIlustrasi kremasi jenazah pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Krematorium yang berada di blok Kristen TPU Tegal Alur ini diperuntukkan untuk melayani masyarakat yang membutuhkan kremasi.

"Siapa saja umat bergama yang membutuhkan sesuai dengan kepercayaan agamanya, kami layani," kata Andreas. 

Fasilitas kremasi ini disiapkan untuk mengindari praktik calo maupun kartel kremasi pada masa pandemik COVID-19.

"Beberapa waktu lalu memang ada kegiatan kremasi itu tinggi sekali. Itu dilaksanakan swasta, bukan Pemprov DKI Jakarta," ucapnya.

3. Pemprov DKI kolaborasi untuk sediakan tempat kremasi di TPU Tegal Alur

Krematorium TPU Tegal Alur Layani Kremasi 6 Jenazah Per Hari, GratisSuasana TPU Tegal Alur (IDN Times/Uni Lubis)

Andreas memaparkan, mesin kremasi hadir sebagai bentuk kepedulian lantaran banyak warga yang mengalami kesulitan melakukan kremasi jenazah COVID-19. Bahkan di antara mereka ada yang harus keluar Jakarta untuk kremasi. 

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan Himpunan Bersatu Teguh Riau mempersiapkan fasilitas kremasi untuk jenazah COVID-19 di TPU Tegal Alur, karena belum ada krematorium yang menerima jenazah COVID-19 di Ibu kota. 

Baca Juga: Krematorium Cilincing Layani Kremasi Gratis Jenazah COVID-19

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya