Kritik soal Kerumunan Rizieq Direspons Mahfud, Ini Balasan Kang Emil

Ridwan Kamil minta Mahfud tanggung jawab

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali membalas pernyataan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang merespons pernyataannya soal tanggung jawab atas kerumunan di acara pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Dalam cuitan di akun Twitter-nya, @Ridwankamil, mantan wali kota Bandung itu mengatakan bahwa wilayah pusat dan daerah harus bisa memikul tanggung jawab soal permasalahan ini.

"Mengapa kerumunan di Bandara yang sangat masif dan merugikan kesehatan atau ekonomi. Tidak ada pemeriksaan seperti halnya kami berkali-kali," kata Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil dalam cuitannya yang dikutip IDN Times, Rabu (16/12/2020).

Baca Juga: Ridwan Kamil: Mahfud MD Harus Tanggung Jawab atas Kasus Kerumunan HRS

1. Ridwan Kamil minta Mahfud tanggung jawab

Kritik soal Kerumunan Rizieq Direspons Mahfud, Ini Balasan Kang EmilRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Emil mengaku bingung kenapa hanya kepada daerah yang diminta tanggung jawab dan keterangan soal kerumunan Rizieq.

"Mohon maaf jika tidak berkenan," kata dia.

Ridwan Kamil sebelumnya memang meminta Mahfud MD bertanggung jawab atas kasus kerumunan yang melibatkan Rizieq Shihab di berbagai tempat. Hal ini disampaikan Kang Emil ini usai menjalani pemeriksaan di Mapolda Jabar.

"Menurut saya semua kekisruhan yang berlarut-larut ini dimulai sejak adanya statement dari pak Mahfud di mana penjemputan HRS (Rizieq Shihab) ini diizinkan," ujar Emil.

2. Balasan Mahfud kepada Ridwan Kamil

Kritik soal Kerumunan Rizieq Direspons Mahfud, Ini Balasan Kang EmilANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Ungkapan Emil itu kemudian ditanggapi oleh Mahfud lewat akun Twitternya, @mohmahfudmd. Dia menyampaikan akan bertanggung jawab atas kepulangan Rizieq Shihab. Dia juga mengaku akan bertanggung jawab mulai dari mengumumkan Rizieq pulang hingga soal protokol kesehatan.

"Siap, Kang RK. Sang bertanggung jawab. Saya yang umumkan HRS diizinkan pulang ke Indonesia karena dia punya hak hukum untuk pulang. Saya juga yang mengumumkan HRS boleh dijemput asal tertib dan tak melanggar protokol kesehatan. Saya juga yang minta HRS diantar sampai ke Petamburan," tulis Mahfud di akun Twitter-nya, Rabu.

3. Mahfud sebut pemerintah beri diskresi untuk penjemputan Rizieq

Kritik soal Kerumunan Rizieq Direspons Mahfud, Ini Balasan Kang EmilIDN Times/Galih Persiana

Mahfud juga mengatakan bahwa pemerintah memberikan diskresi untuk penjemputan, pengamanan, dan pengantaran dari bandara hingga kediaman Rizieq.

"Itu sudah berjalan tertib sampai HRS benar-benar tiba di Petamburan sore. Tapi acara pada malam dan hari-hari berikutnya yang menimbulkan kerumunan orang sudah di luar diskresi yang saya umumkan," kata Mahfud.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu membagikan unggahan berupa pernyataannya saat Rizieq akan pulang ke Indonesia. Kemudian, ia mempertanyakan kepada Ridwan Kamil di mana letak kesalahan dari pernyataannya.

"Dimana salahnya? Dia kan tak bisa dilarang pulang. Dan diskresi penjemputannya harus diantar sampai rumah. Sesudah diantar sampai rumah ya selesai," kata Mahfud.

Baca Juga: Dicolek Kang Emil soal Kerumunan HRS, Mahfud MD: Saya Tanggung Jawab

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya