Dicolek Kang Emil soal Kerumunan HRS, Mahfud MD: Saya Tanggung Jawab

Siap, Kang RK. Saya bertanggung jawab, kata Mahfud.

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD merespons pernyataan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang memintanya bertanggung jawab atas kerumunan di acara Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Melalui akun Twitter-nya, @mohmahfudmd, Mahfud menyampaikan akan bertanggung jawab atas kepulangan Rizieq Shihab. Ia juga mengaku akan bertanggung jawab mulai dari mengumumkan Rizieq pulang hingga soal protokol kesehatan.

"Siap, Kang RK. Saya bertanggung jawab. Saya yang umumkan HRS diizinkan pulang ke Indonesia, karena dia punya hak hukum untuk pulang. Saya juga yang mengumumkan HRS boleh dijemput asal tertib dan tak melanggar protokol kesehatan. Saya juga yang minta HRS diantar sampai ke Petamburan," tulis Mahfud di akun Twitter-nya, Rabu (16/12/2020).

1. Mahfud sebut pemerintah beri diskresi untuk penjemputan, pengamanan dan pengantaran dari bandara hingga kediaman Rizieq

Mahfud kemudian mengatakan, pemerintah memberikan diskresi untuk penjemputan, pengamanan dan pengantaran dari bandara hingga kediaman Rizieq. Ia pun mengklaim jika semuanya berjalan tertib.

"Itu sudah berjalan tertib sampai HRS benar-benar tiba di Petamburan sore. Tapi acara pada malam dan hari-hari berikutnya yang menimbulkan kerumunan orang sudah di luar diskresi yang saya umumkan," kata Mahfud.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Mahfud MD Harus Tanggung Jawab atas Kasus Kerumunan HRS

2. Mahfud pertanyakan kesalahan dalam pernyataannya soal penjemputan Rizieq Shihab

Dicolek Kang Emil soal Kerumunan HRS, Mahfud MD: Saya Tanggung Jawab

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi itu lalu membagikan unggahan berupa pernyataannya saat Rizieq akan pulang ke Indonesia. Dia mempertanyakan kepada Ridwan Kamil di mana letak kesalahan dari pernyataannya.

"Di mana salahnya? Dia kan tak bisa dilarang pulang, dan diskresi penjemputannya harus diantar sampai rumah. Sesudah diantar sampai rumah, ya selesai," ucap Mahfud lagi.

3. Ridwan Kamil minta Mahfud tanggung jawab soal kerumunan Rizieq Shihab

Dicolek Kang Emil soal Kerumunan HRS, Mahfud MD: Saya Tanggung JawabRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebelumnya meminta Menkopolhukam, Mahfud MD diminta bertanggung jawab atas kasus kerumunan yang menyeret nama Rizieq Shihab di berbagai tempat. Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Kang Emil usai menjalani pemeriksaan di Mapolda Jabar.

"Menurut saya semua kekisruhan yang berlarut-larut ini dimulai sejak adanya statement dari pak Mahfud di mana penjemputan HRS (Rizieq Shihab) ini diizinkan," ujar Emil, Rabu (16/12/2020).

Dia menyebutkan, pernyataan Mahfud MD saat Rizieq akan pulang ke Indonesia menjadi multitafsir dan membuat ribuan massa datang ke bandara untuk menjemput Rizieq. Alhasil, pernyataan itu pun membuat adanya kerumunan yang sangat luar biasa.

Baca Juga: Mahfud MD: Jika Negara Tak Mampu Tegakkan Keadilan, Tunggu Kehancuran

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya