Comscore Tracker

Lansia dan Pelajar Akan Gratis Naik LRT

Guna mendongkrak jumlah penumpang

Jakarta, IDN Times - PT Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta berencana menggratiskan biaya perjalanan untuk kalangan lanjut usia dan pelajar, guna meningkatkan target penumpang pada 2020.

"Mirip seperti moda Transjakarta yang sama memberlakukan tarif gratis bagi lansia maupun pelajar, yang disubsidi penuh pemerintah," kata General Manager Operasi dan Pelayanan PT LRT Jakarta, Aditya Kesuma, dikutip dari Antara, Jakarta, Senin (2/12).

Baca Juga: Tanpa Anies, LRT Jakarta Syukuran Operasi Komersial

1. Rencana menggratiskan tarif LRT untuk lansia dan pelajar sedang dimatangkan direksi

Lansia dan Pelajar Akan Gratis Naik LRTIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Aditya menyampaikan rencana itu usai melepas kereta LRT pertama yang sudah diberlakukan tarif perjalanan seharga Rp5.000 per penumpang di Stasiun Velodrome, Jakarta Timur.

Kini, rencana perjalanan gratis bagi lansia dan pelajar itu sedang dimatangkan direksi, berdasarkan hasil evaluasi uji publik sepanjang Juni hingga November 2019.

"Kami melakukan permintaan kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta, agar penumpang khusus bisa digratiskan dengan subsidi penuh dari pemerintah," kata dia.

2. Tarif LRT untuk penumpang Rp5.000

Lansia dan Pelajar Akan Gratis Naik LRTIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Pemerintah telah memberi tarif subsidi sebesar 30 persen sebesar Rp5.000 per penumpang. Tarif tersebut berlaku untuk seluruh penumpang dengan tinggi badan minimal 90 sentimeter.

3. LRT fase pertama lintasi enam stasiun dengan jarak 5,8 km

Lansia dan Pelajar Akan Gratis Naik LRTIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Kereta LRT Jakarta beroperasi setiap hari, mulai pukul 05.00 WIB. Untuk fase pertama akan menempuh jarak 5,8 km dan melewati enam stasiun.

Enam stasiun yang dilalui adalah Stasiun Velodrome, Equestrian, Pulomas, Boulevard Selatan, Boulevard Utara, dan Pegangsaan Dua. Pembayaran tiket dapat menggunakan uang elektronik.

Baca Juga: LRT Jakarta Resmi Berbayar Hari Ini, Jauh Dekat Rp5 ribu

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya