Comscore Tracker

Lecehkan Perempuan di Ruang Publik, Rama Harusnya Minta Maaf Lewat TV!

Minta maaf dari Instagram tak bisa jangkau seluruh penonton

Jakarta, IDN Times - Founder komunitas perEMPUan Rika Rosvianti, menyoroti langkah permintaan maaf yang dilakukan oleh komentator sepak bola Rama Sugianto, terkait pelecehan verbal yang dia lakukan pada suporter bola di sebuah pertandingan beberapa waktu lalu.

Menurut Rika, permintaan maaf Rama harus dilakukan melalui medium yang sama saat dia melontarkan kalimat body shaming pada perempuan, yakni melalui televisi dan siaran langsung.

"Dia kapasitasnya sebagai orang public speaker sebagai announcer publik saat itu, dia pakai ruang publik, frekuensi publik sehingga saat dia minta maaf, dia juga harus menggunakan media yang sama," kata Rika saat dihubungi IDN Times, Senin (9/3).

1. Harus meminta maaf melalui siaran langsung

Lecehkan Perempuan di Ruang Publik, Rama Harusnya Minta Maaf Lewat TV!GERAK Perempuan lakukan aksi di Monas untuk memeringati hari International Women’s Day, di halaman Monas, Minggu (8/3) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Permintaan maaf kepada publik, kata Rika, haruslah sesuai dengan medium di mana dia menyampaikan kalimat bertendensi pelecehan tersebut. Maka dari itu permintaan maaf Rama melalui Instagram menurut Rika tidak tepat.

"Instagram doang menurut saya itu gak cuku. Itu baru dianggap cukup dalam tanda kutip kalau dia melakukan dari body shaming di Instagram dia pribadi saja" ujarnya.

Baca Juga: Komentarnya Viral dan Buat Warganet Marah, Rama Sugianto Minta Maaf

2. Audiens Instagram tidak sama dengan penonton stadion dan siaran langsung

Lecehkan Perempuan di Ruang Publik, Rama Harusnya Minta Maaf Lewat TV!Ilustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Meminta maaf melalui Instagram menurut Rika tidak mencakup seluruh audiens bila dibandingkan dengan penonton langsung di stadion mau pun yang menyaksikan siaran langsung melalui televisi. Karena hanya dibatasi jumlah followers-nya saja.

"Karena impact capaian audience dari dia pakai sarana di TV itu sama capaian audio dia minta maaf di Instagram pribadi dia jumlah engagement-nya beda," katanya

3. Permintaan maaf Rama melalui akun Instagram pribadinya

Sebelumya, komentator sepak bola Liga 1 2020, Rama Sugianto, telah menyampaikan permintaan maaf melalui akun pribadi miliknya yakni @Rama_Sugianto terkait pelecehan verbal yang dia lakukan pada suporter perempuan di pertandingan Persita vs PSM Makassar pada Jumat (6/3).

Melalui video berdurasi 37 detik yang diunggah pada Minggu (8/3), Rama mengaku khilaf atas kejadian pelecehan yang terjadi di siaran langsung tersebut.

"Buat teman-teman semua saya Rama Sugianto Saya ingin mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya atas segala khilaf saya atas segala salah saya," kata Rama Sugianto dalam video tersebut.

Baca Juga: Komentator Sepak Bola Lecehkan Suporter Perempuan di Siaran Langsung

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya