Comscore Tracker

Mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo dan Istrinya Positif COVID-19

Foke saat ini jalani isolasi mandiri

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dinyatakan positif COVID-19. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti.

Dia mengatakan Fauzi Bowo, atau yang kerap disapa Foke, positif usai tes PCR pada Kamis (1/7/2021) malam. Bukan hanya Foke, namun istri beserta ajudannya juga terkonfirmasi COVID-19.

"Kami saat ini Dinas Kesehatan beserta jajaran sedang memberikan pendampingan perawatan kepada Bapak Fauzi Bowo beserta ibu yang kebetulan terkonfirmasi positif," ujar Widyastuti, Senin (5/7/2021).

1. Foke dan istri sudah disuntik vaksin COVID-19

Mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo dan Istrinya Positif COVID-19Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Dia mengatakan Foke, istri dan jajarannya sudah disuntik vaksin COVID-19. Vaksinasi dosis dua diterima Foke saat dia berada di Berlin. Tim yang ada di sekitar Foke juga sudah mendapat dua dosis vaksinasi. 

"Bapak dan Ibu Foke alhamdulillah sudah mendapatkan vaksinasi dua dosis pada saat beliau masih di Berlin, yaitu mendapatkan vaksinasi Pfizer," kata Widyastuti.

Baca Juga: Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo Positif COVID-19

2. Diduga tertular dari ajudannya

Mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo dan Istrinya Positif COVID-19Pameran foto Komnas HAM peringatan Hari HAM 2019 (IDN Times/Lia Hutasoit)

Widyastuti menjelaskan saat terkonfirmasi positif, Foke memang sempat berobat atau cek laboratorium di salah satu rumah sakit di Jakarta Pusat. Kini, Foke dan istrinya sedang menjalani perawatan di rumahnya.

Foke juga tidak memiliki banyak kontak dengan pihak luar. Widyastuti menduga Foke tertular dari ajudan.

"Karena kondisi beliau yang cukup dilakukan perawatan di rumah," ujar dia.

3. Foke dapat perawatan dokter dan penampingan dari Dinkes DKI

Mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo dan Istrinya Positif COVID-19Kepala dinas kesehatan DKI Jakarta Widyastuti (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Dia mengatakan Foke mendapatkan pengawasan dari dokter dan perawat, serta ada pendampingan dari Dinkes DKI Jakarta. Sejauh pantauan dokter, Foke kondisinya stabil. 

"Tim jajaran Dinkes Provinsi DKI Jakarta memberikan dampingan dan melakukan dua sisi, satu adalah melakukan visitasi kepada beliau dengan memberikan obat-obat yang sudah ditetapkan oleh dokter yang merawat," kata dia.

Foke memilih isolasi di rumah dengan pendampingan dengan antisipasi dari pihak dokter jika memang dibutuh perawatan lebih lanjut.

Baca Juga: Polisi Tangkap 81 Pengunjung Kafe di Jakarta Utara, 4 Positif COVID-19

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya