Comscore Tracker

Monas Banjir karena Ada Proyek Revitalisasi?

Saat hujan ekstrem Tahun Baru 2020 Monas tidak banjir

Jakarta, IDN Times -  Pakar Bioteknologi Lingkungan Universitas Indonesia, Firdaus Ali, menilai banjir yang terjadi di kawasan Monumen Nasional (Monas) pada Jumat (24/1) kemarin, adalah efek dari pekerjaan fisik yang sedang dilakukan di kawasan itu.

Dia menganggap proyek revitalisasi Monas menghambat laju aliran air dari titik jatuh hujan yang masuk, ke saluran drainase yang ada.

“Iya kalau itu saya bisa menjawabnya, kemungkinan (banjir Monas) besar dari sana (proyek revitalisasi),” kata Firdaus saat dihubungi IDN Times, Sabtu (25/1).

Baca Juga: [BREAKING] Monas Banjir Akibat Hujan Deras Sepanjang Jumat Pagi

1. Monas tidak dilanda banjir saat awal tahun padahal curah hujan ekstrem

Monas Banjir karena Ada Proyek Revitalisasi?Monas (IDN Times/Cindi Nopitasari)

Dia mengatakan, penyebab Monas banjir pada Jumat kemarin dapat diidentifikasi dengan sederhana. Dia membandingkan kondisi Monas saat hujan ekstrem pada malam tahun baru 2020, saat itu Monas tidak digenangi air. Sementara saat hujan kemarin, dengan intensitas yang tidak ekstrem seperti malam tahun baru, Monas malah terendam banjir.

“Karena sebelumnya kita gak ada masalah kok, apalagi curah hujannya lebih tinggi pun, termasuk sangat untuk di Jakarta Pusat tanggal 1 itu, sangat deras kan, tapi alhamdulillah tidak kejadian (banjir),” ujar Firdaus.

2. Material diduga menghalangi air untuk masuk ke drainase

Monas Banjir karena Ada Proyek Revitalisasi?Banjir di Jalan Bungur Raya, Jakarta Pusat (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Firdaus teringat dengan kasus jalan tol yang banjir akibat adanya proyek kereta cepat, yang mengganggu sistem saluran drainase dan tali air sehingga menyebabkan banjir. Menurutnya hal tersebut sama seperti yang terjadi di Monas kemarin. Firdaus menyebut, terkadang material proyek kerap diletakkan sembarangan dan membuat saluran air tertutup.

“Jadi kembali ke apa yang terjadi di Monas khususnya, itu ya sudah pasti bahwa air tidak bisa mencapai drainase karena terhalang oleh material,” kata Firdaus.

3. Monas terendam banjir pada Jumat 24 Januari 2020

Monas Banjir karena Ada Proyek Revitalisasi?Monas banjir (Instagram @dishubdkijakarta)

Untuk diketahui pada Jumat kemarin, kawasan Monas terendam banjir. Hal itu terlihat dari video yang dibagikan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta melalui akun Instagramnya. Banjir terjadi di Jalan Medan Merdeka hingga masuk ke area Monumen yang didirikan pada 17 Agustus 1961 tersebut.

“Jalan Medan Merdeka Barat, pintu masuk monas, ketinggian air 20-25cm. #dishubdkijakarta," tulis Dishub DKI Jakarta memberi keterangan video yang diunggah.  

Baca Juga: Hujan Tidak Ekstrem, Kenapa Jakarta Banjir Lagi? Ini Kata Ahli dari UI

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya