MUI Kecam Kejadian Ustazah Disawer saat Baca Al-Quran: Perbuatan Haram!

Bertentangan dengan ayat yang dibaca qoriah

Jakarta, IDN Times - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengecam aksi tidak terpuji yang dilakukan dua pria kepada seorang ustazah yang sedang melantunkan ayat suci Al-Quran viral di media sosial.

Dua pria naik ke panggung menyawer qoriah yang diketahui bernama Hj Nadia Hawasy saat membacakan Al-Quran.

"Ini cara yang salah dan tak menghormati majelis. Perbuatan haram dan melanggar nilai-nilai kesopanan," kata Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis dalam cuitan di akun Twitter pribadinya dilihat, Jumat (6/1/2023).

1. Perbuatan haram dan melanggar nilai-nilai kesopanan

MUI Kecam Kejadian Ustazah Disawer saat Baca Al-Quran: Perbuatan Haram!Video ustadzah disawer viral/@warganetinfo

Ketika Nadia melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran ada seorang pria berkemeja biru naik ke panggung, membuka dompet dan melemparkan sejumlah uang kertas di atas kepala Nadia.

Dalam kondisi seperti itu, Nadia tetap dalam posisinya membacakan Al-Quran meski pria tersebut melempar uang di sekitarnya.

"Mohon ulama dan tokoh masyarakat menolak ini dan jangan menganggap ini tradisi yang baik," kata Cholil.

Baca Juga: Viral Ustazah Disawer saat Baca Al-Quran, Warganet Kecam Penyawer

2. Tindakan penyaweran bertentangan dengan ayat yang dibaca qoriah

MUI Kecam Kejadian Ustazah Disawer saat Baca Al-Quran: Perbuatan Haram!Situasi workhsop akbar menghafal Al Quran ala Metode Gazadi Amaris Hotel Sabtu (14/12) (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Bukan hanya satu pria, Nadia juga disawer pria lainnya dengan cara menyelipkan yang di dalam kerundung Nadia yang sedang membaca Al-Quran.

Pria berkemeja putih itu naik ke atas panggung, ikut memberikan uang pada Nadia.

"Jelas cara ini bertentangan dengan ayat-ayat yang dibaca qori’ah," ujar Cholil.

3. Nadia cabut uang yang ada di kerudungnya

MUI Kecam Kejadian Ustazah Disawer saat Baca Al-Quran: Perbuatan Haram!Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis Membuka Kegiatan Penyediaan Data Gender dan Anal Dalam Bentuk Pelatihan Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni-PPA) Provinsi Sumut yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumut di Hotel Le Polonia, Jalan Sudirman, Medan, Jum'at (27/5/2022).

Terbaru Ustaz Hilmi Firdausi mengunggah klarifikasi sang qoriah bernama Nadia Hawasyi yang disawer saat mengaji itu. Dalam tanggapan layar yang diunggah diakun Twitternya @Hilmi28.

"Saya juga merasa tidak dihargai Ustad, karena saya posisinya lagi ngaji tidak mungkin mau marah-marah di atas panggung, karena itu salah satu adab membaca al-Quran. Saya tidak mungkin langsung marah pada saat saya sedang ngaji. Makanya saya cuma cabut uang yang ada di kerudung saya. Setelah saya turun baru saya tegur panitianya," tulis Nadia seperti terlihat di tangkapan layar itu.

4. Menegur panitia karena tidak menghormati pembaca Al-Quran

MUI Kecam Kejadian Ustazah Disawer saat Baca Al-Quran: Perbuatan Haram!IDN Times/Rangga Erfizal

Nadia mengklarifikasi bahwa ada sedikit masalah dalam video itu. Dia diundang mengisi acara Maulid Nabi sebagai qoriah dan tidak tahu jika saat mengaji akan disawer baik oleh panitia laki-laki maupun perempuan.

Dia tak langsung menengur karena dalam posisi sedang mengaji karena mengingat adab membaca Al-Quran.

"Pada saat saya disawer itu saya memang marah dan kesal sekali gak lama setelah saya di sawer saya langsung sodawallah turun dari panggung, baru saya langsung tegur panitianya. Jadi sebetulnya panitia yang salah, gak menghormati kita sebagai pembaca Al-Quran," tulis Nadia dalam tangkapan layar lainnya.

Baca Juga: Viral Detik-detik Ustazah di Tebet Meninggal Saat Baca Al-Qur'an 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya