Nomor Whatsapp Wagub DKI Ahmad Riza Diretas, Digunakan untuk Penipuan

Riza minta jangan balas pesan apa pun dari nomor itu

Jakarta, IDN Times - Nomor telepon genggam Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang disambungkan pada aplikasi percakapan WhatsApp, diretas atau diambil alih untuk penipuan.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Riza, Selasa (27/4/2021). "Assalamualaikum Wr. Wb. Dengan hormat kami sampaikan, bahwa ponsel kami dengan nomor WA: 0816-891-396, telah diambil alih oleh pihak lain, dan digunakan untuk penipuan," ujar Riza mengumumkan hal itu melalui keterangan tertulis. 

Baca Juga: Wagub DKI Jakarta Riza Patria: ASN Mudik Diberi Sanksi

1. Komunikasi ke Riza saat ini melalui ajudannya

Nomor Whatsapp Wagub DKI Ahmad Riza Diretas, Digunakan untuk PenipuanWagub DKI Jakarta Riza Patria di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Dengan adanya kasus ini, Riza mengarahkan para sejawatnya untuk menghubungi dia lewat nomor ajudan pribadinya dan tidak menanggapi pesan apapun dari nomor WhatsApp tersebut.

"Mohon berhati-hati, dengan tidak membalas pesan apa pun dari nomor WA tersebut. Untuk sementara, saya (Ariza) dapat dihubungi di nomor ajudan," kata dia.

2. Riza minta maaf atas kejadian ini

Nomor Whatsapp Wagub DKI Ahmad Riza Diretas, Digunakan untuk PenipuanIlustrasi aplikasi Whatsapp. Twitter.com/WhatsApp

Belum ada informasi resmi kenapa dan kapan nomor WhatsApp milik politikus Gerindra ini diambil alih oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

"Mohon maaf atas ketidaknyaman Ibu-Bapak serta teman-teman semua, terima kasih kami haturkan," kata Riza.

3. Ini ciri-ciri nomor WhatsApp diretas

Nomor Whatsapp Wagub DKI Ahmad Riza Diretas, Digunakan untuk PenipuanIDN Times/Paulus Risang

Kasus peretasan WhatsApp memang kerap terjadi dan merupakan sebuah ancaman, karena nomor tersebut terhubung dengan aplikasi lain seperti e-commerce, e-wallet, dan lain-lain.

Jadi ketika hacker atau peretas berhasil mengambil alih WhatsApp kita, pintu menuju akun lain pun akan terbuka lebar. 

Ada sejumlah ciri yang menandakan akun sedang diretas, yakni sering keluar dari akun dengan sendirinya, statusmu “Online” padahal tidak sedang mengakses WhatsApp, mendapat pesan mencurigakan, pesan terbaca padahal belum dibuka, tiba-tiba mendapatkan OTP dari WhatsApp, dan mengirimkan pesan tanpa sepengetahuanmu.

Baca Juga: Perlu Tahu! 5 Ciri-ciri Nomor WhatsApp Kamu Telah Diblokir Seseorang

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya