Panglima Agus Subiyanto Bertandang ke Mabes Temui Kapolri Listyo Sigit

Perkenalan sebagai Panglima TNI dan bahas pemilu damai

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menerima kunjungan dari Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Kunjungan kehormatan ini dalam rangka silaturahmi dan sinergitas antara TNI dan Polri.

Listyo Sigit mengatakan upaya memperkuat sinergitas antara TNI dan Polri yang kini juga dihadapkan dengan berbagai macam tugas jelang Pemilu 2024. TNI dan Polri nantinya akan mengawal jalannya pemilu supaya bisa berlangsung aman, lancar dan damai.

“Sehingga tentunya beberapa hal nanti kita bicarakan karena tentunya di tengah isu masalah ketidaknetralan, namun di sisi lain tentunya polri bersama TNI harus turun di lapangan, karena kita ingin memastikan bahwa yang namanya kegiatan tahapan pemilu distribusinya,” kata dia di Mabes Polri, Selasa (5/12/2023).

1. TNI dan Polri berupaya jaga demokrasi di Pemilu 2024

Panglima Agus Subiyanto Bertandang ke Mabes Temui Kapolri Listyo SigitKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama dengan lintas sektoral terkait meninjau Pelabuhan Merak (dok. Humas Polri)

Di dalam pelaksanaan Pemilu 2024, TNI dan Polri juga mengemban tugas pengawalasan pelaksanaan kampanyenya sampai dengan kegiatan di pemilihan suara di Tempat Pemilihan Suara (TPS).

Dia mengatakan pengawalan rekap menghadapi sengketa-sengketa yang ada diharapkan  bisa berjalan dengan aman dan damai di tengah perbedaan pendapat dan pilihan.

“Itu bagian dari demokrasi dan tugas kita mengawal agar demokrasi dapat berjalan dengan baik,” kata dia.

Baca Juga: Polri Terjunkan 1.800 Personel Amankan Demo Kades di DPR

2. Bahas cuaca ekstrem hingga isu Papua

Panglima Agus Subiyanto Bertandang ke Mabes Temui Kapolri Listyo SigitIDN Times/Galih Persiana

Listyo juga mengatakan, dalam pertemuan ini dia dan Agus turut membahas antisipasi cuaca ekstrem. Pihaknya membahas upaya penanganan gerak cepat di wilayah-wilayah yang terdampak bencana.

Bukan hanya itu, TNI dan Polri juga turut menghadapi situasi di Papua yang menjadi pekerjaan rumah (PR) bersama.

3. Sinergitas menuju Pemilu damai 2024

Panglima Agus Subiyanto Bertandang ke Mabes Temui Kapolri Listyo SigitJenderal TNI Agus Subiyanto (IDN Times/Amir Faisol)

Senada dengan Listyo Sigit, Panglima TNI Agus Subiyanto juga mengatakan silahturahmi jajarannya ke mabes polri juga memang membahas soal pemilu damai. Dia juga sekaligus memperkenalkan diri sebagai Panglima TNI yang baru.

Pihaknya juga membahas adanya rencana patroli bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) serta Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

“Kita bersama-sama sinergitas tujuannya agar pemilu 2024 berjalan lancar aman sesuai waktu yang ditentukan,” ujar Agus.

Baca Juga: Panglima Berencana Abadikan Nama Doni Monardo di Mabes TNI

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya