Pasien Pertama Monkeypox Indonesia, Alami Cacar di Wajah hingga Kaki

Hanya melakukan isolasi di rumah

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril menjelaskan, ada satu pasien pertama terkonfirmasi positif terpapar monkeypox atau cacar monyet di Indonesia.

Syahril mengatakan, satu pasien positif ini terkonfirmasi dari DKI Jakarta dan merupakan seorang WNI yakni pria berusia 27 tahun.

"Ada cacarnya di muka, di telapak tangan dan kaki dan sebagian sekitar alat genetalia," kata dia dalam konferensi pers, Sabtu (20/8/2022).

Tapi, kata Syahril, pasien ini tidak masuk ruang isolasi dan hanya isolasi di rumah karena tidak mengalami gejala berat.

Sejauh ini sudah ada 23 kasus suspek cacar monyet dan 22 di antaranya discarded atau disingkirkan karena dinyatakan negatif cacar monyet, kecuali satu yang diumumkan hari ini.

Syahril mengatakan, pasien pulang dari luar negeri pada 8 Agustus 2022, kemudian mulai bergejala monkeypox pada 14 agustus 2022 dengan merasakan demam. Pada 16 Agustus mulai muncul ruam di tubuh pasien ini. Baru pada 18 Agustus dia datang ke fasilitas kesehatan dan hasilnya ternyata positif monkeypox pada 19 Agustus 2022 malam.

Baca Juga: Pasien Pertama Cacar Monyet Ada Di Jakarta, Pulang dari Luar Negeri

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya