Comscore Tracker

Pemerintah Luncurkan Situs www.covid19.go.id untuk Info Virus Corona

Situs ini memuat data terbaru pasien virus corona

Jakarta, IDN Times - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona COVID-19
meluncurkan situs www.covid19.go.id. Situs ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi resmi penanggulangan virus corona.

"Situs ini diharapkan bisa menjadi rujukan resmi untuk informasi satu pintu mengenai virus corona dan bagaimana mengendalikannya," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo, melalui keterangan tertulis, Rabu (18/3).

Baca Juga: [BREAKING] Kepala BNPB Jadi Komandan Satgas Penanganan Virus Corona

1. Situs ini memuat data terbaru pasien virus corona

Pemerintah Luncurkan Situs www.covid19.go.id untuk Info Virus CoronaPenyemprotan disinfektan di Bandara Kertajati sebagai langkah antsipasi penyebaran virus corona. IDN Times/Istimewa

Situs ini memuat beberapa fitur informasi dan tip menghadapi virus corona. Namun sayang, data statistik mengenai jumlah kasus positif COVID-19 diletakkan di bagian hampir bawah situs. Menurut Agus, data ini selalu diperbaharui secara real-time

"Ada pula Hoax Buster yang bisa digunakan sebagai acuan untuk menentukan apakah sebuah informasi tentang COVID-19 merupakan berita benar atau hoaks," kata dia.

2. Bekerja sama dengan WHO dan pihak lainnya

Pemerintah Luncurkan Situs www.covid19.go.id untuk Info Virus CoronaIlustrasi (IDN Times/Aji)

Situs ini dikembangkan oleh Tim Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat untuk Penanggulangan COVID-19, yang terdiri dari berbagai elemen.

Bahkan situs ini bekerja sama dengan Badan PBB (UNICEF, WHO, dll), mitra pembangunan internasional, organisasi masyarakat sipil, dan dunia usaha.

3. Dibuat karena banyak informasi yang tidak akurat

Pemerintah Luncurkan Situs www.covid19.go.id untuk Info Virus CoronaKepala BNPB Doni Monardo (IDN TIMES/Dimas Fitra Dirgantara)

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona COVID-19 Doni Monardo menegaskan, situs ini dibuat untuk menghadapi banyaknya informasi tidak akurat yang beredar di masyarakat terkait situasi darurat global akibat pandemi COVID-19.

"Pesan utama lindungi diri, lindungi sesama di situs ini menjadi pengingat kita, agar seluruh rakyat Indonesia bersatu, bekerja sama, gotong royong menghadapi COVID-19,” kata Doni di Graha BNPB, Rabu 18 Maret 2020.

Baca Juga: BNPB: Status Darurat Virus Corona hingga Idul Fitri 2020

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya