Pemprov DKI Bakal Uji Coba Jalur Road Bike Sudirman-Thamrin

Uji coba berlangsung Senin sampai Jumat pukul 05.00-06.30

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal melaksanakan uji coba jalur road bike di Jalan Sudirman-Thamrin saat hari kerja. Keputusan ini disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Riza mengatakan, uji coba jalur road bike bakal dilakukan pada Senin-Jumat pukul 05.00-06.30 WIB.

"Lintasan road bike Sudirman-Thamrin untuk road bike pada Senin-Jumat diperbolehkan pukul 05.00 sampai 06.30 WIB. Selain waktu tersebut, dilarang," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (31/5/2021) malam.

Baca Juga: JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang Jadi Jalur Road Bike Tiap Akhir Pekan

1. Penetapan lintasan akan diatur dalam Keputusan Gubernur

Pemprov DKI Bakal Uji Coba Jalur Road Bike Sudirman-ThamrinANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Riza mengatakan, seluruh pesepeda wajib mengikuti aturan jam operasional penggunaan yang telah ditentukan. Seluruh penetapan soal lintasan road bike akan diatur melalui Keputusan Gubernur yang draftnya masih dibahas.

"Ini baru hasil rapat tadi antara Dishub dan Polda ya. Kesepakatan sementara akan sekali lagi masih menunggu pengaturan melalui Keputusan Gubernur, kita tunggu ya," kata dia.

2. JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang jadi jalur Road Bike tiap akhir pekan

Pemprov DKI Bakal Uji Coba Jalur Road Bike Sudirman-ThamrinSejumlah pesepeda memacu kecepatan saat berlangsungnya uji coba pemberlakuan lintasan road bike di jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta, Minggu (23/5/2021). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.

Sebelumnya, Riza juga mengatakan bahwa Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang akan resmi jadi jalur khusus pesepeda road bike saat akhir pekan. Hal ini merupakan hasil rapat antara Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Hasil rapat sementara lintasan jalan non tol Kokas yang Karet itu menjadi lintasan permanen road bike setiap Sabtu-Minggu saja," ujarnya.

3. Jam operasional dari pukul 05.00 hingga 08.00 WIB

Pemprov DKI Bakal Uji Coba Jalur Road Bike Sudirman-ThamrinIlustrasi masker (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Riza menyebutkan bahwa di JLNT itu akan berlaku jam operasional yakni mulai dari pukul 05.00 hingga 08.00 WIB. Jadi pesepeda road bike tak bisa menggunakannya sepanjang hari di akhir pekan.

"Jadi yang di Kokas sampai ke Karet KH Mansyur jam 05.00-08.00 WIB pagi khusus hari Sabtu-Minggu," ujar Riza.

Baca Juga: Awas! Polisi Bakal Tindak Pesepeda Road Bike yang Keluar Jalur Khusus

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya