Pimpin Upacara HUT ke-76 RI, Anies Singgung Janji Perlindungan Warga

Anies sebut perlunya kolaborasi hadapi pandemik COVID-19

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara HUT ke-76 RI yang diselenggarakan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (17/8/2021). Upacara ini disiarkan secara daring.

Anies didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali. Dalam kesempatan ini, Anies menyampaikan pidatonya tentang bagaimana Indonesia menggariskan sejarahnya sendiri sebagai negara merdeka.

"Itulah sebabnya ketika kita pada hari ini memperingati kemerdekaan RI, ingatlah bahwa ini perjuangan seluruh bangsa dan saat ini tanggung jawab untuk menggelar keadilan sosial, ada pada pundak kita masing-masing. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menuntaskan janji kemerdekaan itu. Janji kemerdekaan kita adalah melindungi, memajukan kesejahteraan umum dan itu artinya kita sekarang yang berdiri si tempat ini punya tanggung jawab menuntaskan," kata Anies dalam pidatonya.

Baca Juga: Anies Klaim Target Vaksinasi COVID-19 Dosis 1 Jakarta Sudah Tercapai

1. Jakarta beri perlindungan pada siapa pun

Pimpin Upacara HUT ke-76 RI, Anies Singgung Janji Perlindungan WargaMonumen Nasional (IDN Times/Besse Fadhilah)

Anies dalam pidatonya juga mengatakan pandemik COVID-19 memberikan kesempatan untuk meluruskan kembali prioritas, bahwa negara dihadirkan untuk melindungi tumpah darah Indonesia.

"Itu juga yang kita laksanakan di Jakarta, kita melindungi semua, tidak melihat status KTP, kita tidak melihat status sosial ekonomi, siapa pun yang berada di kawasan ini, membutuhkan bantuan kesehatan, maka negara hadir memberikan bantuan kesehatan," kata dia.

Anies mengatakan siapa pun yang perlu perlindungan vaksinasi, maka Jakarta akan memberikannya. "Prinsip yang kita pegang adalah kemanusiaan yang adil dan beradab," ujarnya.

2. Kolaborasi tanpa membeda-bedakan

Pimpin Upacara HUT ke-76 RI, Anies Singgung Janji Perlindungan WargaUpacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 di Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa (17/8/2021). (youtube.com/Pemprov DKI Jakarta)

Anies juga membahas tentang kolaborasi yang harus dihadapi tanpa membeda-bedakan, sama seperti menghadapi para penjajah dulu, masyarakat bersatu memperjuangkan negara.

"Sekarang kita harus tunjukkan mampu sebagaimana generasi Kita sebelumnya. Peristiwa 28 Oktober 1998 sekitar 20 kilometer dari tempat ini, untuk sampai kepada 1945 diperlukan waktu 17 tahun," ujarnya.

Hari ini, kata Anies, generasi penerus menghadapi tantangan yang butuh stamina panjang, yang menguji stamina.

3. Keselamatan bersama jadi prioritas

Pimpin Upacara HUT ke-76 RI, Anies Singgung Janji Perlindungan WargaUpacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 di Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa (17/8/2021). (youtube.com/Pemprov DKI Jakarta)

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga mengimbau agar masyarakat dapat menunjukkan bahwa negara ini masih punya pejuang, sebagaimana saat negara ini dirintis usai kemerdekaan.

"Kita sekarang sedang berjuang menghadapi tantangan yang tidak kecil. karena itu Kita tunjukkan pada peringatan 17 Agustus 1945 yang diperingati 76 tahun kemudian kita akan mampu melewati ini semua," kata Anies.

Anies juga meminta agar keselamatan diprioritaskan bersama dengan menyingkirkan perbedaan dan mencari kesamaan.

"Bangsa Indonesia sudah hadir sebelum kemerdekaan. Dan kemerdekaan mengarahkan Kita untuk menuntaskan janjinya, semoga tuhan Yang Maha kuasa, Allah SWT memudahkan ikhtiar Kita dalam melunasi seluruh janji kemerdekaan Dan di dalam memasuki bahwa gelaran Keadilan sosial gelaran Kesejahteraan akan sampai kepada semua di mana saja di republik Indonesia. Merdeka," ujar dia.

Baca Juga: Anies Keluarkan Seruan Larangan Kegiatan Lomba HUT RI 17 Agustus

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya