Polisi Buka Tutup Rest Area Antisipasi Kemacetan Arus Mudik Idul Adha

Polisi juga lakukan beberapa skenario lain

Jakarta, IDN Times - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, jajarannya akan melakukan sejumlah skenario pengaturan lalu lintas, guna mengantisipasi mudik Hari Raya Iduladha 1441 Hijriyah yang akan berlangsung pada Jumat 31 Juli 2020. Salah satunya tidak ada penyekatan jalur lalu lintas.

"Tol elevated atas maupun bawah kita akan buka, bahkan kita akan amankan, termasuk di rest area juga akan kita tempatkan anggota," kata dia di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Kamis (30/7/2020).

1. Rest area kemungkinan akan ditutup jika terjadi kemacetan

Polisi Buka Tutup Rest Area Antisipasi Kemacetan Arus Mudik Idul AdhaSejumlah pengendara mengalami kemacetan lalu lintas di Tol Dalam Kota dan Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta, Senin (18/5/2020) (ANTARA FOTO/Rifki N)

Sambodo mengatakan, pihaknya akan melakukan buka tutup rest area, jika memang antrean masuk rest area menghambat lalu lintas arus mudik.

"Namun nanti kami juga mohon maaf kepada masyarakat, seandainya nanti terjadi antrean untuk masuk ke rest area kemudian menghambat arus lalu lintas lainnya, maka dengan sangat terpaksa akan ada rest area yang kita laksanakan buka tutup," ujar dia.

Baca Juga: Antisipasi Arus Mudik Idul Adha, Ini 28 Titik Pengamanan Lalu Lintas

2. Rest area Tol Jakarta-Cikampek mungkin akan dibuka tutup

Polisi Buka Tutup Rest Area Antisipasi Kemacetan Arus Mudik Idul AdhaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Sambodo menjelaskan, khusus rest area di Tol Jakarta-Cikampek kemungkinan juga akan ditutup selama arus mudik Hari Raya Iduladha 1441 Hijriyah, jika terjadi kemacetan.

"Rest area kiri ada di Kilometer 19, 39 itu di Jakarta Timur. Kemudian ada parking bay, bukan rest area tapi parking bay, ya. Itu yang ada toilet dan tempat salat, yang biasanya pada masa liburan dipakai masyarakat untuk berhenti, sehingga terjadi kepadatan itu juga akan kita buka tutup," kata dia.

3. Kemungkinan juga akan diberlakukan contraflow

Polisi Buka Tutup Rest Area Antisipasi Kemacetan Arus Mudik Idul AdhaIlustrasi (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Sambodo juga mengatakan jika terjadi kemacetan atau kecelakaan yang menyebabkan jalur tol elevated tersendat, polisi akan memberlakukan skenario contraflow.

"Jika ternyata contraflow juga tidak bisa menolong, skenario terakhir tentu kita akan melaksanakan one way," kata dia.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Idul Adha Diperkirakan Terjadi Sore Ini

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya