Comscore Tracker

Puncak Arus Mudik Idul Adha Diperkirakan Terjadi Sore Ini

Arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu malam

Jakarta, IDN Times - Lonjakan arus mudik Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Jumat 31 Juli 2020 diperkirakan akan meningkat pada Kamis (30/7/2020) sore ini. Menurut Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, kendaraan dari arah Jakarta diperkirakan akan menuju ke berbagai arah, khususnya ke wilayah Jawa .

"Khusus dalam menghadapi libur Idul Adha yang jatuh hari Jumat dan kita perkirakan pada hari Kamis sore nanti sudah ada peningkatan arus lalin," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo pada awak media di Jakarta, Kamis (30/7/2020).

1. Arus balik akan terjadi pada Minggu malam

Puncak Arus Mudik Idul Adha Diperkirakan Terjadi Sore IniIDN Times/Helmi Shemi

Peningkatan ini diperkirakan terjadi karena Idul Adha jatuh pada akhir bulan dan bertepatan dengan akhir pekan. Sedangkan arus balik akan terjadi pada Minggu 2 Agustus 2020.

"Untuk mudik serta pengamanan pada arus balik Idul Adha pada Minggu siang sampai dengan Minggu malam," ujarnya.

Dengan meningkatnya arus lalu lintas nanti, Sambodo mengatakan bahwa seluruh personel sudah mulai bertugas guna mengamankan arus lalu lintas.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Nambah 2.381 Sehari, Menhub Gak Larang Mudik Idul Adha

2. Seluruh personel akan berjaga di pos-pos Pam yang difokuskan untuk pengamanan Idul Adha

Puncak Arus Mudik Idul Adha Diperkirakan Terjadi Sore IniIlustrasi (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Dikonfirmasi secara terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan bahwa hari ini jajarannya akan melakukan upacara kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Adha.

"Kamis sore akan dilaksanakan giat gelar pasukan khususnya teman-teman dari Ditlantas Polda Metro Jaya. Rencana akan kita laksanakan sekitar pukul 15.00 WIB di Polda Metro Jaya," ujar Yusri.

Nantinya, usai upacara, seluruh personel akan berjaga di pos-pos Pam sesuai pembagiannya mulai dari penjagaan di ruas jalan tol, ruas jalur arteri, lokasi-lokasi tempat pemberhentian angkutan umum hingga ke tempat wisata yang banyak dikunjungi.

3. Sebanyak 3.000 personel gabungan diturunkan

Puncak Arus Mudik Idul Adha Diperkirakan Terjadi Sore IniIlustrasi kepadatan menjelang lebaran saat pandemik COVID-19. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Yusri juga mengatakan pihaknya akan menerjunkan 3.327 personel gabungan untuk mengawal Hari Raya Idul Adha. Personel itu terdiri dari TNI-Polri serta unsur pemerintah daerah. 

"Polda Metro Jaya menyiapkan sekitar 3.327 personel dengan kekuatan 3.105 personel Polda, Polres kemudian ada backup TNI, Kodam Jaya 100 personel, Pemda, baik itu Satpol PP, Dishub, Damkar dan Dinkes ada 122 personel," kata dia.

Baca Juga: Amankan Idul Adha, Polda Metro Jaya Kerahkan 3.327 Personel 

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya