Polisi Panggil Korban Kasus Miss Universe Indonesia 2023 Pekan Depan

Ada tujuh finalis yang akan dimintai klarifikasi

Jakarta, IDN Times - Penyidik Polda Metro Jaya akan memanggil sejumlah kontestan Miss Universe Indonesia (MUID) 2023 yang menjadi korban dugaan pelecehan seksual. Agenda pemanggilan para finalis ini akan berlangsung pada pekan depan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, menjelaskan, pemanggilan sejumlah korban itu adalah untuk mengklarifikasi laporan yang sebelumnya sudah dilayangkan melalui pengacara para finalis, Mellisa Anggraini.

"Tahap berikutnya adalah minggu depan kita lakukan klarifikasi tersebut," ujar Trunoyudo kepada wartawan, Sabtu (12/8/2023).

Baca Juga: Polisi: Lokasi Body Checking Miss Universe Indonesia Ditutup Tirai Portable

1. Tujuh orang finalis akan diminta klarifikasi

Polisi Panggil Korban Kasus Miss Universe Indonesia 2023 Pekan DepanMahkota Miss Universe Indonesia 2023 (Dok.UBS Gold)

Trunoyudo mengatakan, laporan dugaan pelecehan yang masuk ke Polda Metro Jaya mulanya berasal dari tiga orang korban yang akan menjadi saksi. Namun, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya kasus, akan ada tujuh orang yang bakal diklarifikasi.

"Dalam konteks laporan ada tiga, namun perkembangannya ada tujuh (korban dugaan pelecehan). Tadi yang saya sampaikan ada CSI, CSM, NK, PRJ, MFR, ELI, DPR. Jadi ada tujuh orang,” kata Trunoyudo.

Baca Juga: Komnas Minta Konten Body Checking Miss Universe Indonesia Diamankan

2. Beberapa finalis berada di luar kota

Polisi Panggil Korban Kasus Miss Universe Indonesia 2023 Pekan DepanPotret Kompilasi Hari Pertama Bootcamp Miss Universe Indonesia 2023 (Instagram.com/missuniverse_id)

Trunojoyo mengatakan, waktu pasti pemeriksaan akan diputuskan secara simultan karena sejumlah korban berada di luar Jakarta. Dengan begitu, maka perlu dikoordinasikan kehadiran mereka.

"Jadwal tentu proses ini masih berkesinambungan, secara simultan terus berlanjut dalam proses penyelidikan ini. Tahap klarifikasi ini ada tujuh orang yang akan kita lakukan (pemeriksaan), karena ada dari beberapa daerah. Tentu koordinasi dengan pelapor, Ibu Melissa," kata dia.

Baca Juga: Pengacara Finalis Miss Universe Indonesia 2023 Ngadu ke LPSK

3. Body checking hingga dipotret tanpa busana

Polisi Panggil Korban Kasus Miss Universe Indonesia 2023 Pekan DepanIlustrasi pelecehan seksual. (IDN Times/Arief Rahmat)

Kasus dugaan pelecehan seksual finalis Miss Universe Indonesia kini tengah ditangani polisi. Finalis mengaku mendapat pelecehan saat body checking, mereka dipotret dalam keadaan tidak menggunakan busana. Selain itu di dalam ruangan juga ada beberapa orang laki-laki.

Kegiatan body checking itu berlangsung pada 1 Agustus 2023 di sebuah hotel. Para finalis bahkan tidak tahu ada agenda pemeriksaan tubuh karena info awal yang mereka terima hanya untuk fitting.

Baca Juga: Penyelenggara Miss Universe Klaim CCTV Mati, Polisi: Kami Dalami

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya