Polisi Sudah Jadwalkan Pemanggilan Putri dan Menantu Rizieq Shihab  

Polisi berharap mereka mau hadir memberikan klarifikasi

Jakarta, IDN Times - Polisi terus menyelidiki kasus kerumunan yang terjadi di beberapa tempat yang melibatkan pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, mulai dari acara Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus akad nikah putri Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono mengatakan, pihaknya sudah merencanakan pemanggilan putri Rizieq yakni Syarifah Najwa Shihab, dan suaminya, Muhammad Irfan Alaydrus.

“(Pemanggilan) itu sudah dijadwalkan,” kata Awi dalam telekonferensi di Mabes Polri, Senin (23/11/2020).

Baca Juga: Cari Bukti Pelanggaran, Polisi Periksa CCTV di Acara Akad Putri Rizieq

1. Polisi berharap putri dan menantu Rizieq Shihab datang dan memberi klarifikasi

Polisi Sudah Jadwalkan Pemanggilan Putri dan Menantu Rizieq Shihab  Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Awi Setiyono (Dok. Humas Polri)

Awi mengatakan, polisi berharap agar putri dan menantu Rizieq Shihab bisa hadir dan memberi klarifikasi kasus pelanggaran protokol kesehatan dalam acara akad nikah mereka.

“Kita berharap kalau yang bersangkutan mempercayai negara ini adalah negara hukum, ayo kita dudukkan bersama-sama, datanglah untuk klarifikasi,” ujarnya.

2. Tak ada konsekuensi jika tidak hadir, tapi ingat polisi membuat konstruksi hukum

Polisi Sudah Jadwalkan Pemanggilan Putri dan Menantu Rizieq Shihab  Dok.IDN Times/Istimewa

Meskipun demikian, Awi mengatakan bahwa tidak ada konsekuensi jika pihak yang diundang untuk klarifikasi tidak memenuhi panggilan.

“Gak ada masalah (jika tidak datang), karena tidak ada konsekuensi hukum tadi. Tapi ingat, penyidik membuat konstruksi hukum,” kata dia.

3. Polisi sudah panggil sejumlah pihak terkait kasus ini, di antaranya Gubernur DKI Anies Baswedan

Polisi Sudah Jadwalkan Pemanggilan Putri dan Menantu Rizieq Shihab  IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sebelumnya, sejumlah pejabat hingga panitia acara sudah dimintai klarifikasi tentang kasus ini, salah satunya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta Wakilnya, Ahmad Riza Patria. Bahkan hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga sudah dipanggil.

Sedangkan Rizieq Shihab sampai saat ini belum menunjukkan tanda-tanda bakal diperiksa.

Penyelidikan kasus ini dilakukan oleh tim gabungan dari Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat serta Bareskrim Polri. Hal tersebut dilakukan karena ada beberapa kasus kerumunan Rizieq yang ditelisik oleh polisi terjadi di luar wilayah hukum Polda Metro Jaya, seperti penjemputan Rizieq di Bandara Soekarno-Hatta dan kerumunan di Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Kapolda Metro: Ada 4 Klaster Baru COVID-19 setelah Acara Rizieq Shihab

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya