Profil Lilly Wenda dari Papua Pegunungan, Pembawa Baki di HUT 78 RI

Lilly Wenda Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Istana Merdeka

Jakarta, IDN Times - Putra putri kebanggaan daerah melaksanakan tugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka dalam upacara peringatan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023).

Paskibraka pembawa baki bendera berasal dari Provinsi Papua Pegunungan bernama Lilly Indriani Suparman Wenda. Siswi berprestasi ini adalah siswi di SMAN 1 Wamena.

Lilly adalah salah satu dari 76 siswa dan siswi dari 38 provinsi di Indonesia yang mewakili daerahnya dalam agenda HUT ke-78 RI. Lilly Wenda mengaku sangat bangga dan senang bisa tergabung jadi anggota Paskibraka 2023.

Dia tak menyangka latihannya saat membawa baki Bendera Pusaka dilihat langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Ibu Negada Iriana Joko Widodo.

“Bangga sekali, sangat senang. Pas bawa baki juga itu enggak tahu kalau ada Pak Presiden di atas juga, terus pas di bawah baru kelihatan kalau ada. Jadi senang banget Pak Presiden bisa nonton langsung,” ujar Lilly. 

Selain Lilly, ada sejumlah anggota lain di tim Paskibraka kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera. Ada Bintang Wirasatya RA sebagai komandan kelompok 8 dari Provinsi Sumatra Selatan.

Ada pula Nathaniel Shawn Edgar Sondakh sebagai pembentang bendera wakil dari Provinsi Sulawesi Utara serta Alfin Alfarisi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Sumatra Barat.

Sementara Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia adalah Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan. Joko menjabat sebagai Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad.

Adapun Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Mar Ganteng Prakoso. Saat ini, ia bertugas sebagai Danki A Yonif 7 Mar Brigif 4 Mar BS Kormar.

Selain itu, yang bertugas sebagai Perwira Upacara adalah Brigjen TNI Arkamelvi Karmani. Pria kelahiran 10 Februari 1967 itu menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta. Karmani adalah lulusan Akademi Militer 1989.

Baca Juga: Ini Daftar Nama Paskibraka HUT 78 RI yang Bertugas di Istana Merdeka 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya