PSBB Total Berlaku Lagi, PT KAI Daop 1 Masih Terapkan Aturan COVID-19

Aturan soal COVID-19 masih dan tak diubah

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di ibu kota. PSBB total ini akan kembali dimulai pada Senin, 14 September 2020.

Terkait dengan kebijakan PSBB ini, operasional Kereta Api tetap mengalami perubahan, sama seperti saat PSBB total pertama dilaksanakan.

"Pada masa COVID-19 sejak awal sudah dilakukan pembatasan baik dari sisi penyesuaian jumlah perjalanan KA dan pembatasan Volume Penumpang yakni 70 persen dari total ketersediaan tempat duduk. Penerapan sejumlah protokol pencegahan COVID baik di Stasiun dan di atas KA juga tetap konsisten dijalankan hingga saat ini," kata Kepala humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya, Kamis (10/9/2020).

1. Daftar keberangkatan KA di masa pandemik

PSBB Total Berlaku Lagi, PT KAI Daop 1 Masih Terapkan Aturan COVID-19Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa (IDN Times/Denisa Tristianty)

Dia menjelaskan bahwa pada masa sebelum Pandemi COVID-19, dari Area Daop 1 Jakarta terdapat 71 perjalanan KA dari Gambir 37 perjalanan KA, dari Stasiun Pasar Senen 27 perjalanan dan 3 Perjalanan KA dari Jakarta Kota dan 4 KA tambahan yang dijalankan pada saat weekend atau hari libur nasional.

"Setelah kondisi pandemik COVID-19 terdapat penyesuaian perjalanan KA yang sangat dinamis, adapun untuk saat ini secara keseluruhan terdapat 12 KA yang beroperasi dari Daop 1 Jakarta dengan pembagian 5 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, 6 KA lainnya keberangkatan Stasiun Pasar Senen dan 1 KA keberangkatan Stasiun Jakarta Kota," kata dia.

Baca Juga: Catat Ya, 6 Hal Ini Dilarang dan Dibatasi saat PSBB Total di Jakarta!

2. Aturan yang berlaku untuk perjalanan KA

PSBB Total Berlaku Lagi, PT KAI Daop 1 Masih Terapkan Aturan COVID-19Sebuah kereta api saat berhenti di Stasiun Madiun. Dok.IDN Times/Istimewa

Untuk saat ini berikut sejumlah aturan yang berlaku untuk perjalanan KA selama pandemik COVID-19:

- Calon penunampang menunjukkan Surat Bebas COVID-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan)
- Calon penumpang dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam)
- Suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius
- Menggunakan masker pribadi dan mengenakan pelindung wajah (face shield) yang disediakan oleh KAI
- Mengikuti ketentuan penjagaan jarak fisik selama di stasiun dan di dalam rangkaian KA. Serta dihimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, selalu rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik.

3. Ruang isolasi sementara sudah disiapkan

PSBB Total Berlaku Lagi, PT KAI Daop 1 Masih Terapkan Aturan COVID-19PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang resmi mengoperasikan Kereta Api Kuala Stabas rute Bandar Lampung-Baturaja, Selasa (1/9/2020). (IDN Times/Istimewa).

Eva juga menjelaskan bahwa, sebagai antisipasi setiap kereta juga telah dilengkapi dengan ruang isolasi sementara, jika nantinya dalam perjalanan ada penumpang dengan suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celsius.

"Selanjutnya penumpang dengan kondisi tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lanjutan," kata dia.

Baca Juga: DKI Jakarta Tidak Butuh Izin Baru Kemenkes untuk Terapkan PSBB Total

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya