PT KCI akan Patuh Jika Pemerintah Minta KRL Setop Beroperasi saat PSBB

Akan patuh pada keputusan yang nantinya keluar

Jakarta, IDN Times - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) telah mengetahui usulan lima kepala daerah di wilayah Bodebek yang meminta penghentian sementara operasional KRL di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Manager External Relations KCI Adli Haki mengatakan bahwa pihaknya akan menaati keputusan akhir yang dalam pembahasan bersama yang telah dilakukan dengan pemerintah daerah terkait dan PT KAI.

"Sudah tentu PT KCI sebagai operator KRL yang beroperasi dan melayani masyarakat di tiga provinsi akan patuh terhadap kesepakatan yang dikeluarkan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Karena KCI melihat semangat utama dalam penerapan PSBB adalah gotong royong untuk bersama menghentikan penyebaran COVID-19," kata Adli, dilansir melalui Antara, Kamis (16/4).

1. Penerapan Operasional KRL sesuai PSBB

PT KCI akan Patuh Jika Pemerintah Minta KRL Setop Beroperasi saat PSBBJakarta di hari kedua PSBB, Sabtu (11/4) (Dok. Istimewa)

Dia juga menjelaskan bahwa pihaknya tetap melayani pelanggan di Jabodebek dengan membatasi operasional sesuai dengan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Kamis (16/4) hingga Jumat (17/4).

KCI telah menerapkan pembatasan waktu dengan ketentuan penumpang diperbolehkan masuk ke dalam stasiun hingga pukul 18.00 WIB.

"Sampai saat ini pembahasan usulan tersebut masih dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, PT KAI, dan PT KCI. Selama dalam pembahasan, pada 16-17 April ini KRL Commuter Line masih beroperasi sebagaimana masa PSBB," kata dia.

Baca Juga: Wali Kota Depok Usulkan Penghentian Operasional KRL selama PSBB

2. Penurunan penumpang KRL yang terus terjadi

PT KCI akan Patuh Jika Pemerintah Minta KRL Setop Beroperasi saat PSBBIlustrasi (IDN Times/ Dini Suciatiningrum)

Adli juga menjelaskan bahwa selama masa PSBB ini, pihaknya mencatat ada penurunan penggunaan KRL untuk mobilisasi.

Dari data yang dihimpun KCI selama tiga hari yakni sejak Senin (13/4) hingga Rabu (15/4) penurunan terus terjadi.

Pada Senin (13/4) total pengguna KRL berjumlah 75.661 orang, lalu menurun menjadi 62.282 pada Selasa (14/4).

Penurunan juga terjadi pada Rabu (15/4) pukul 09.00 WIB, yakni hanya berkisar 48.800 penumpang per harinya.

3. Usulan penghentian sementara KRL selama PSBB

PT KCI akan Patuh Jika Pemerintah Minta KRL Setop Beroperasi saat PSBBWakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim (IDN Times/Rohman Wibowo)

Untuk diketahui, sebelumnya kelima kepala daerah di Jawa Barat meminta KCI melakukan penghentian operasional KRL sementara di masa PSBB guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Usulan tersebut terlontar dalam dialog bersama dengan pimpinan PT KAI dan PT KCI, lewat video conference, Senin (13/4).

"Usulan pemberhentian sementara operasional commuter line ini, dimaksudkan agar penerapan PSBB di Bodebek bisa efektif dan optimal, untuk memutus rantai penyebaran COVID-19," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie, Selasa (14/4).

Baca Juga: PSBB di Jabodetabek, BUMN Siap Setop Operasional KRL

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya