Comscore Tracker

Tampung OTG, Pemerintah Buka Tower 8 Wisma Atlet Pandemangan dan Rusun

Kapasitas tempat tidur RSDC juga ditambah

Jakarta, IDN Times - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Ganip Warsito menyatakan, Tower 8 Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara, akan dibuka untuk merawat pasien COVID-19 tanpa gejala atau yang dikenal dengan OTG. Hal ini sebagai langkah pemerintah mengatasi peningkatan kasus COVID-19 yang terjadi beberapa hari ke belakangan pasca-Lebaran.

"Pemerintah akan membuka Tower 8 di Pademangan, untuk perawatan pasien OTG. Tower tersebut saat ini ditempati nakes, dan sesuai kebutuhan akan dipindahkan nanti ke hotel terdekat, apabila langkah ini berhasil kita akan menambah 1.572 tempat tidur," kata dia dalam keterangan pers virtual, Minggu (13/6/2021).

Selain itu, kata Ganip, pemerintah juga akan melakukan sejumlah hal lainnya mulai dengan menambah kapasitas tempat tidur dan mengoperasikan rumah susun untuk OTG.

Baca Juga: 28 Orang di Kudus Terpapar Varian COVID-19 Delta India

1. Tempat tidur di RSDC ditambah, satu kamar bertiga

Tampung OTG, Pemerintah Buka Tower 8 Wisma Atlet Pandemangan dan RusunIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19, ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Selain itu, Ganip mengatakan, kapasitas tempat tidur per kamar di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran akan ditambahkan, dari sebelumnya dua orang per kamar, menjadi tiga orang.

"Sehingga bisa menambah 2 ribu tempat tidur di RSDC, dengan demikian kapasitas RSDC Kemayoran dapat meningkat, dari sekarang 5.994 menjadi 9.566 tempat tidur," kata dia.

Dengan adanya perubahan ini, RSDC Wisma Atlet bakal memiliki kapasitas 12.116 tempat tidur, dengan adanya penambahan 6.120 tempat tidur atau sebesar 102 persen.

2. Buka Rusun Nagrak untuk OTG

Tampung OTG, Pemerintah Buka Tower 8 Wisma Atlet Pandemangan dan RusunIlustrasi pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa

Selaini itu, Ganip menyebutkan, Satgas COVID-19 bersama Pemprov DKI Jakarta akan mengoperasikan fasilitas terkendali pasien OTG di Rusun Nagrak, Cilincing Jakarta Utara, yang terdiri dari lima tower masing-masing 16 lantai, sehingga menambah 2.550 tempat tidur.

"Satgas melaui BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) akan membantu mengisi kebutuhan velbet di Rusun Nagrak secara bertahap. Saat ini sedang kita kirimkan 900 velbet dan nanti akan kita lengkapi dengan kapasitas tempat tidur yang ada di sana," ujarnya.

3. Siapakan tempat isolasi OTG di 31 lokasi DKI

Tampung OTG, Pemerintah Buka Tower 8 Wisma Atlet Pandemangan dan RusunWisma Atlet Jakabaring Palembang untuk menampung Orang Dalam Pemantauan (ODP) paparan COVID-19 (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Sementara, kata Ganip, Pemprov DKI juga telah menyiapkan tempat tempat isolasi OTG lainnya di wisma-wisma milik DKI di 31 lokasi dengan kapasitas maksimal 8 ribu OTG, termasuk Rusun Nagrak.

"Daerah penyangga Bekasi, Depok, Bogor, dan Tangsel akan diaktifkan lagi tempat fasilitas isolasi OTG bila dibutuhkan," kata Ganip.

Baca Juga: Ada 329 Pasien Baru di Wisma Atlet dalam Waktu 24 Jam!

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya