Telepon Raja Salman, Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Idul Adha

Raja Salman sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan ucapan selamat Idul Adha 1441 Hijriah pada Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz Al Saud secara khusus. Ucapan itu dilakukan pada Jumat 31 Juli 2020, sekitar pukul 18.45 WIB dari Istana Kepresidenan Bogor.

“Saya dan rakyat Indonesia ingin menyampaikan selamat hari raya Iduladha 1441 H untuk Sri Baginda Raja dan seluruh rakyat Arab Saudi,” ucap Presiden Jokowi seperti dikutip melalui keterangan tertulis, Sabtu (1/8/2020).

1. Ucapan syukur karena kesehatan Raja Salman membaik

Telepon Raja Salman, Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Idul AdhaPresiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Terbatas yang dilangsungkan secara virtual melalui video conference pada Selasa (28/7/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Jokowi juga tak lupa untuk menyampaikan rasa syukur bahwa Raja Salman telah pulih kembali dan kini sudah dalam kondisi yang sehat. Karena sebelumnya Raja Salman dirawat di rumah sakit setelah mengalami peradangan kantung empedu.

“Saya dan seluruh rakyat Indonesia mendoakan agar Sri Baginda Raja senantiasa diberkahi kesehatan,” kata dia.

Baca Juga: Mengintip Kekayaan Raja Salman, dari Properti hingga Mobil Mewah

2. Presiden apresiasi pelaksanaan Haji 2020 yang memperhatikan kondisi pandemik

Telepon Raja Salman, Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Idul AdhaRaja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud bertemu dengan Perdana Menteri Qatar sekaligus Menteri Dalam Negeri Syeikh Abdullah bin Nasser bin Khalifa Al Thani dalam KTT Dewan Kerjasama Teluk (GCC) ke-40 di Riyadh, Arab Saudi, pada 10 Desember 2019. ANTARA FOTO/Saudi Press Agency/Handout via REUTERS

Dalam pembicaraannya tersebut, Presiden juga memberikan apresiasi atas penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020 yang diadakan secara terbatas akibat pandemik COVID-19.

“Kami juga mengapresiasi pengaturan penyelenggaraan ibadah haji yg dijalankan dengan protokol kesehatan secara ketat dan dengan mengedepankan kesehatan umat. Mari kita terus berdoa agar pandemik ini dapat cepat teratasi,” kata Presiden.

3. Tingkatkan hubungan baik antar negara di tengah pandemik

Telepon Raja Salman, Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Idul AdhaRaja Salman dalam foto yang dirilis oleh akun resmi kerajaan Arab Saudi pada 8 Maret 2020. twitter.com/ASNA_20

Kini dalam kondisi pandemik seperti sekarang, Presiden Jokowi mengajak Raja Salman untuk terus meningkatkan hubungan baik antar kedua negara Indonesia dan Arab. Hubungan yang baik ini juga termasuk kerja sama di bidang ekonomi.

“Bapak Presiden, insyaallah kami siap selalu untuk meningkatkan hubungan demi kebaikan dua negara,” kata Raja Salman kepada Presiden Jokowi.

Baca Juga: Raja Salman Tinggalkan Rumah Sakit Usai Pulih dari Operasi Empedu

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya