Tiba dari Papua, 199 Atlet dan Tim Kontingen DKI Jalani Karantina

Atlet dan tim tak boleh ada yang tinggalkan hotel karantina

Jakarta, IDN Times - Pemprov DKI Jakarta menyambut kedatangan atlet beserta tim official Kontingen DKI Jakarta yang baru bertolak dari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Nantinya, para atlet dan tim official DKI bakal menjalani karantina di hotel. Total ada 199 orang tiba di Jakarta. Para atlet dan tim official langsung dijemput ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dan langsung menuju ke hotel untuk karantina.

“Bagi kontingen Jakarta yang belum kembali ke Jakarta diwajibkan untuk melaksanakan karantina saat tiba di Jakarta. Karantina dilakukan selama 5x24 jam demi mencegah penyebaran COVID-19. Selama masa karantina, para atlet dan tim official akan diberikan uang kompensasi sebesar Rp750.000 per hari,” kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi DKI Jakarta, Djamhuron P. Wibowo, Kamis (14/10/2021).

1. Total akan ada 608 orang kontigen DKI yang tiba

Tiba dari Papua, 199 Atlet dan Tim Kontingen DKI Jalani KarantinaPemprov DKI Jakarta menyambut kedatangan atlet beserta tim official Kontingen DKI Jakarta yang baru bertolak dari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 pada Kamis (14/10/2021). (dok. Pemprov DKI Jakarta)

Arahan untuk langsung karantina merujuk pada surat Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Adendum Kedua Surat Edaran (SE) Nomor 17 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi COVID-19. KONI Provinsi DKI Jakarta sudah membuat dua regulasi. Yakni, Standar Operasional Prosedur (SOP) Karantina dan SE KONI Provinsi DKI Jakarta No.98 Tahun 2021.

Kedua regulasi ini diantaranya menyebutkan bahwa selama di Papua, Kontingen Provinsi DKI Jakarta yang terdiri dari manager, pelatih, asisten pelatih, atlet, mekanik, massure, dan official non campus, secara disiplin melakukan swab COVID-19 serta menjaga protokol kesehatan (prokes) selama di Papua.

Djamhuron menjelaskan, lokasi karantina telah disiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta di Hotel Grand Cempaka. Adapun, total Kontingen Provinsi DKI Jakarta yang akan kembali ke Jakarta mulai dari 13-17 Oktober 2021 berjumlah 608 orang. Kedatangan Kontingen Provinsi DKI Jakarta tersebut dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: 7 Potret Anies Baswedan Tinjau Atlet DKI Jakarta di PON XX Papua 

2. Akan ada tes PCR dan RDT Malaria

Tiba dari Papua, 199 Atlet dan Tim Kontingen DKI Jalani KarantinaIlustrasi Tes Usap/PCR Test (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia menambahkan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para atlet dan tim official sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam SE Satgas COVID-19.

Untuk itu, Dinkes DKI bersama KONI dan SKPD terkait, seperti Dispora dan Dishub membuat SOP Penjemputan Kontingen Provinsi DKI Jakarta ke Hotel.

“Kami juga telah membuat SOP bersama KONI untuk pendataan dan pemeriksaan kesehatan Kontingen Provinsi DKI Jakarta. Dinkes DKI akan melakukan pemeriksaan PCR COVID-19 dan RDT Malaria kepada Kontingen Provinsi DKI Jakarta,” ujarnya.

3. PCR dilakukan hari keempat

Tiba dari Papua, 199 Atlet dan Tim Kontingen DKI Jalani KarantinaKabid P2P Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia (Dok. Humas Pemprov Jabar)

Kontingen Provinsi DKI Jakarta yang akan tiba sejak hari ini akan karantina di Hotel Grand Cempaka. Kemudian, pemeriksaan PCR COVID-19 akan dilakukan pada hari keempat

“Hasil PCR COVID-19 akan keluar maksimal 1x24 jam. Jika hasil PCR COVID-19 positif, maka akan diinfokan kepada peserta untuk tata laksana lebih lanjut. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak RSDC Wisma Atlet. Sehingga, peserta yang hasil PCR COVID-19 positif bisa langsung dirujuk ke Wisma Atlet,” kata dia,

4. Tak boleh ada yang tinggalkan hotel karantina

Tiba dari Papua, 199 Atlet dan Tim Kontingen DKI Jalani KarantinaIlustrasi ruang isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Hotel tersebut adalah tempat isolasi terpusat khusus Kontingen Provinsi DKI Jakarta dan sudah ada dokter serta perawat yang berjaga. Selain itu Dinkes DKI kata Dwi mengungkapkan tak boleh ada kontingen yang tinggalkan hotel karantina

“Selama masa karantina di hotel, tidak boleh ada peserta yang menerima tamu atau meninggalkan hotel. Bersama Dispora DKI Jakarta, kami awasi melalui petugas piket untuk memastikan para atlet tidak keluar dari hotel selama masa karantina,” kata Dwi.

Baca Juga: Atlet PON Papua Wajib Karantina 5 Hari Usai Tanding, Biaya dari Pemda 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya