Videonya Viral, Pelajar SMA di Riau Rayakan Kelulusan Dihujat Warganet

Tampilkan gambar seronok dan berkerumun saat ada COVID-19

Jakarta, IDN Times - Jagat maya dihebohkan dengan tingkah sejumlah pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang melakukan perayaan kelulusan dengan mencorat-coret seragam mereka dengan kata-kata dan gambar yang tidak senonoh.

Aksi itu dikecam warganet setelah perayaan itu heboh di media sosial Instagram sejak Minggu (3/5). Melalui penelusuran IDN Times, perayaan itu ternyata dilakukan oleh siswa dan siswi sebuah SMA di Riau.

1. Dilakukan saat imbauan physical distancing

Videonya Viral, Pelajar SMA di Riau Rayakan Kelulusan Dihujat WarganetPelajar viral yang lakukan perayaan kelulusan di tengah pandemi COVID-19 dan tampilkan gambar seronok (Tangkapan Layar Instagram/@hayatunjumainii)

Video pelajar yang melakukan perayaan kelulusan tersebut dilakukan di tengah tanah lapang. Aksi ini dicap negatif oleh pengguna media sosial. Pasalnya saat ini Indonesia masih menghadapi COVID-19 dan banyak pihak masih terus menggalakkan penerapan physical distancing hingga imbauan untuk di rumah saja.

Aksi itu diabadikan seorang siswi lewat akun Instagram pribadinya @hayatunjumainii dan saat ini akun tersebut tidak lagi dapat diakses. Siswi tersebut memperlihatkan momen mereka tertawa lepas, namun ada beberapa gambar seronok yang dicoret di seragam mereka.

Baca Juga: Belasan Pelajar di Palembang Malah Tawuran saat Pandemi COVID-19  

2. Respons Kemendikbud terkait kasus ini

Videonya Viral, Pelajar SMA di Riau Rayakan Kelulusan Dihujat Warganet(Tangkapan Layar Twitter/@itjen_kemdikbud)

Potret pelajar yang melakukan perayaan tersebut akhirnya diadukan seorang warganet di Twitter kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Menanggapi hal tersebut, pihak Kemendikbud mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi.

"Jika ada informasi nama sekolahnya ya kak, agar kami koordinasikan melalui dinas pendidikan setempat. Salam," tulis akun resmi @Itjen_Kemdikbud.

3. Berkumpul di satu rumah, pelajar viral sampaikan klarifikasi

Videonya Viral, Pelajar SMA di Riau Rayakan Kelulusan Dihujat WarganetKlarifikasi pelajar yang viral (Tangkapan Layar Instagram/@hayatunjumainii)

Namun, kehebohan itu akhirnya direspons oleh pelajar yang viral tersebut. Melalui Instagram story, sejumlah pelajar tersebut menyampaikan permintaan maaf, mereka berkumpul di satu rumah dan membuat video klarifikasi.

"Jadi di sini kita mau klarifikasi atas masalah yang telah kita perbuat yang lagi viral sekarang tentang kelulusan itu. Jadi masalahnya itu kita dan diri kita sendiri yang telah dah melanggar aturan sekolah, baik perilaku mau pun pakaian, gambar di pakaian tersebut dari diri kami sendiri. Sebenarnya pihak sekolah tidak membenarkan hal itu, tapi diri kami sendiri yang membuat hal tersebut menjadi salah," kata seorang siswi lewat unggahannya, Minggu (4/5) malam.

Baca Juga: Penuh Risiko, 10 Dampak Psikologis dari Viral dan Terkenal Mendadak

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya