Comscore Tracker

Viral Video Jakarta Rasa Seoul, Ini Penjelasan dari Pembuatnya

Kreator video tak pernah sebut Jakarta terasa seperti Korea

Jakarta, IDN Times - Video TikTok milik seorang pemuda bernama Surya Danna (25) viral di media sosial. Tangkapan kamera ponsel Surya memperlihatkan potret Jakarta di malam hari yang penuh dengan cahaya lampu malam dan pejalan kaki di kawasan Jakarta Pusat.

Video ini awalnya diunggah Surya di akun TikTok miliknya @Suryadanna dan hingga Selasa (26/1/2021) video suasana malam di Jakarta ini telah ditonton hingga 3,4 juta kali.

Diiringi dengan lagu Korea berjudul Sunset dari DAVICHI, video ini juga viral di Twitter setelah diunggah kembali oleh seorang warganet dengan keterangan "Jakarta rasa Seoul". Sontak video itu dibanjiri komentar kurang menyenangkan karena dianggap hanya memperlihatkan sisi indah Jakarta.

"Aku buat pas pulang kerja tanggal 19 (Januari), pulang kerja, jalan pulang, pakai handphone doang, terus langsung dieditin di handphone, diposting di TikTok doang sama Instagram, di malam yang sama. Terus ternyata booming sampe di Twitter, awalnya aku gak tahu sama sekali," kata Surya kepada IDN Times.

1. Tak pernah sebut Jakarta seperti Korea

Viral Video Jakarta Rasa Seoul, Ini Penjelasan dari PembuatnyaVideo TikTok yang gambarkan suasana kota Jakarta di malam hari (TikTok/Suryadanna

Komentar bernada negatif di Twitter sampai ke telinga Surya yang notabene jarang menggunakan media sosial buatan Evan Williams dan kawan-kawannya itu. Dia mengatakan bahwa video tersebut tak pernah dilabeli dengan embel-embel Jakarta rasa Seoul.

"Yang repost itu kan orang lain, bukan saya, dia ngasih caption "Jakarta rasa Seoul" sedangkan saya, di postingan asli saya gak kasih embel-embel itu, itulah yang menyebabkan viralnya video tersebut," ujarnya.

Dia merasa orang-orang yang berkomentar di TikTok salah paham. "Yang nge-repost kena, aku sebagai kreatornya juga kena," kata Surya.

Baca Juga: [FOTO] Anies Pamer Potret Warna Warni Pasar Senen, JPO Pakai Lift!

2. Gunakan lagu Korea karena sedang suka menyaksikan drama Korea

Viral Video Jakarta Rasa Seoul, Ini Penjelasan dari PembuatnyaVideo TikTok yang gambarkan suasana kota Jakarta di malam hari (TikTok/Suryadanna

Terkait dengan latar suara video yang menggunakan lagu Korea, Surya mengatakan bahwa dia memang sedang suka menonton drama Korea atau K-Drama. Dia menjelaskan bahwa saat sepi Jakarta itu sebenarnya rapi dan bagus serta menarik untuk direkam.

"Sebenarnya Jakarta itu kalau diperhatiin apalagi saat sepi itu rapi dan bagus, cuma orang-orang gak ada yang notice, akhirnya ya udah saya bikin video kaya sebelumnya dengan lagu yang viral di TikTok, gak pake lagu Korea, mumpung lagi suka nonton drama Korea coba pakai lagu Korea, terus ternyata booming," kata dia.

3. Banyak yang rindu dengan suasana kerja di Jakarta saat WFH

Viral Video Jakarta Rasa Seoul, Ini Penjelasan dari PembuatnyaVideo TikTok yang gambarkan suasana kota Jakarta di malam hari (TikTok/Suryadanna

Video itu, kata Surya dibuat dengan alasan iseng saja. Karena sejak Desember 2020, Surya fokus membuat konten video tentang gambaran kota Jakarta yang diambilnya saat pulang kerja.

"Aku uploadnya ke TikTok dan ke Instagram, karena wadah aku emang itu bukan ke Twitter," kata dia.

Dia mengatakan warganet TikTok suka dengan video itu karena banyak yang rindu dengan suasana kerja di Jakarta apalagi banyak pekerja yang sedang bekerja dari rumah atau work from home (WFH)

"Karena banyak yang suka, dan minta kayak gitu, rata-rata yang minta adalah orang-orang yang emang lagi WFH dan kangen keadaan Jakarta kayak gimana, akhirnya mereka minta gitu," ujar dia.

Walaupun demikian, Surya mengaku akan tetap semangat membuat konten video suasana Jakarta, karena video tersebut juga sudah dilirik oleh negara tetangga. Dari hasil analisis yang diperlihatkan kepada IDN Times, ada 3 persen audiens dari Malaysia dan satu persen audiens Filipina yang turut menyaksikan suasana Jakarta hasil rekaman Surya.

Baca Juga: Begini Cara Lapor Genangan dan Banjir di Jakarta Pakai Aplikasi JAKI

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya