Wagub DKI Serahkan Hewan Kurban Sapi Limosin Berbobot 950 Kg

Wagub Riza beli sapi Limosin di peternak Jaksel

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyerahkan hewan kurban sapi berbobot 950 kilogram di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Cakung PD Dharma Jaya, Jakarta Timur, pada Selasa (20/7/2021).

Sapi kurban jenis Limosin itu secara simbolis diserahkan kepada Korpri Provinsi DKI Jakarta selaku panitia kurban. Dia membeli sapi kurban dari peternak di Jakarta Selatan.

"Pada siang hari ini saya berkesempatan menyerahkan hewan kurban kepada Korpri, Bapak Amirudin, panitia kurban. Sapi ini akan dipotong di sini sesuai anjuran dan ketentuan bahwa hewan kurban di masa pandemik ini diminta untuk dipotong di rumah pemotongan hewan, untuk memastikan pelaksanaannya sesuai dengan protokol kesehatan," ujar Riza, Selasa.

Baca Juga: Sandiaga Bagikan 1.000 Hewan Kurban ke 17 Provinsi di Tengah Pandemik

1. Petugas harus tes swab sebelum jalankan pemotongan kurban

Wagub DKI Serahkan Hewan Kurban Sapi Limosin Berbobot 950 KgIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Dalam kesempatan itu, Riza juga meninjau RPH Dharma Jaya dan turut memastikan kegiatan pemotongan hewan kurban sudah menerapkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

Nantinya para petugas yang menyembelih harus menjalani tes swab dan menjaga protokol kesehatan, dan yang hadir di lingkungan hanya yang berkepentingan melakukan pemotongan dan tidak diperkenankan yang lain.

2. Kapasitas RPH PD Dharma Jaya memotong 500 hewan sehari

Wagub DKI Serahkan Hewan Kurban Sapi Limosin Berbobot 950 Kgilustrasi petugas menggunakan masker saat kurban Idul Adha. ANTARA FOTO/Siswowidodo

Sekadar informasi, kapasitas di RPH PD Dharma Jaya per hari 500 hewan kurban yang dipotong dan tempat ini telah melaksanakan pemotongan hewan kurban sesuai dengan syari'at Islam dan prokes COVID-19, termasuk proses pendistribusiannya.

"Kapasitas di sini per hari 500 hewan kurban yang dipotong, dan alhamdulillah kita punya 600 di sini Dharma Jaya yang sudah siap. Dan dari masyarakat panitia di sini yang dititipkan sampai 200 dan akan bertambah terus setiap harinya. Dharma Jaya juga sudah menyiapkan lahan-lahan di sini, untuk melakukan pemotongan dan penyiapannya untuk dapat dibagikan," kata Riza.

3. Idul Adha kedua di tengah pandemik COVID-19

Wagub DKI Serahkan Hewan Kurban Sapi Limosin Berbobot 950 KgUmat muslim melaksanakan shalat Idul Adha di alun-alun Masjid Raya Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/7/2020). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/pras.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan salat Idul Adha 1442 Hijriah dan ibadah kurban 2021 masih berlangsung di tengah pandemik COVID-19, dan bersamaan dengan penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Salat Idul Adha juga diimbau dilakukan di rumah masing-masing, serta penyembelihan atau pemotongan hewan kurban dilaksanakan di RPH-R dan dengan syari'at Islam serta prokes COVID-19.

Baca Juga: Cerita Juragan Millennial Buka Jasa Titip Sembelih Hewan Kurban

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya