Wagub Riza Beri Sinyal Ruang Terbuka Hijau di Jakarta Segera Dibuka

Akan dilakukan bertahap dengan melihat kondisi

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Ibu Kota tengah dalam proses untuk dibuka kembali, usai adanya pelonggaran secara bertahap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

"Insyaallah pada waktunya Ruang Terbuka Hijau juga akan dibuka," kata Riza di Jakarta Timur, Minggu (17/10/2021).

Baca Juga: Cuaca Jabodetabek 16 Oktober 2021: DKI Jakarta Hujan Ringan Siang Hari, Berawan Sore Hari

1. Pembukaan tiap tempat dilakukan bertahap

Wagub Riza Beri Sinyal Ruang Terbuka Hijau di Jakarta Segera DibukaWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Selasa (9/3/2021) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Riza mengatakan pembukaan tiap tempat harus dilakukan secara bertahap karena sekalipun COVID-19 sudah mulai turun tak semua tempat bisa langsung dibuka. 

Menurut dia, meski kasus COVID-19 di DKI terus menurun dan vaksinasi di Jakarta juga terus digenjot, namun tidak serta merta langsung seluruh kegiatan masyarakat dibuka.

"Tapi tidak serta merta semuanya dibuka, perlu waktu, proses dan tahapan," ujar politikus Partai Gerindra itu.

2. Ada pelonggaran tapi sejumlah tempat masih ditutup

Wagub Riza Beri Sinyal Ruang Terbuka Hijau di Jakarta Segera DibukaStadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Melansir dari ANTARA, saat ini, sesuai Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1.182 soal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, sejumlah pelonggaran dilakukan di antaranya mal, tempat wisata tertentu, restoran hingga sarana olahraga.

Walau demikaian kegiatan di fasilitas umum seperti area publik, taman dan tempat wisata umum lainnya masih ditutup sementara. Salah satu kawasan hijau yang sudah dibuka yakni Hutan Kota yang ada di kawasan Gelora Bung Karno (GBK).

3. Hutan kota dibuka tapi pengujung dibatasi

Wagub Riza Beri Sinyal Ruang Terbuka Hijau di Jakarta Segera DibukaIlustrasi Pohon Kayu Putih/Melaleuca Cajuputi (IDN Times/Sunariyah)

Akun instagram @temantaman, Hutan Kota rencananya dibuka Selasa-Minggu pukul 06.00-10.00 dan 15.00-18.00 WIB.

Selain itu, ada pembatasan pengunjung maksimal 150 orang dan pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur, waktu berkunjung dibatasi selama satu jam yang berlaku situasional agar tidak terjadi antrean.

Baca Juga: Anies: 2,5 Juta Warga KTP DKI Jakarta Belum Vaksinasi COVID-19

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya