Survei: Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di Segmen Pemilih Muslim

Jokowi-Ma'ruf disebutnya mencapai the magic number

Jakarta, IDN Times - Konstelasi politik jelang Pilpres 2019 semakin semarak. Beberapa survei mulai bermunculan, untuk memprediksi pasangan calon presiden yang akan menduduki kursi RI 1 dan RI 2 itu.

Seperti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang melakukan survei pada 12 hingga 19 Agustus 2018 dan melibatkan 1.200 responden. Hasilnya, pasangan Joko 'Jokowi' Widodo-Ma’ruf Amin unggul pada pemilih Muslim.

1. Jokowi-Ma'ruf unggul pada pemilih Muslim

Survei: Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di Segmen Pemilih MuslimANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Melalui survei ini bisa terlihat segmentasi pemilih Jokowi-Ma’ruf dari kalangan Muslim cukup tinggi, yakni menang dua digit dari pasangan lawan.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf memperoleh suara 52,7 persen dari suara Muslim. Sedangkan, Prabowo-Sandiaga hanya mendapat 27,9 persen.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berhasil Gaet Hati Emak-Emak

2. Jokowi-Ma’ruf unggul tipis di pemilih non-Muslim

Survei: Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di Segmen Pemilih Muslimsource_name

Bukan hanya dari kalangan Muslim, pasangan Jokowi-Ma’ruf juga mendapatkan tempat di hati para pemilih non-Muslim. Pasangan ini mendapat suara 47,5 persen dari pemilih non-Muslim, namun angka ini cukup berbanding tipis dengan Prabowo-Sandiaga, yaitu 43,6 persen. 

3. Jika Pilpres dilakukan sekarang

Survei: Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di Segmen Pemilih MuslimANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pada saat survei ini dilakukan, para responden ditanya presiden dan wakil presiden yang akan mereka pilih, jika Pilpres 2019 diadakan hari ini. Hasilnya mengejutkan, pasangan Jokowi-Ma'ruf menang telak dari Prabowo-Sandiaga.

Sekitar 52.2 persen responden menjawab pasangan Jokowi-Ma'ruf dan 29,5 persen memilih Prabowo-Sandi. Sedangkan, 18.3 persen sisahnya merahasiakan atau bahkan belum bisa memutuskan pilihannya. Jokowi-Ma'ruf disebutkan telah mencapai the magic number.

Survei LSI Denny JA ini dilakukan menggunakan metode multistage random sampling atau pengambilan sampel secara acak, dengan cara wawancara tatap muka menggunakan kuesioner, serta melakukan focus group disscusion, analisis media, dan wawancara mendalam. Survei dilakukan pada 12 hingga 19 Agustus 2018 dan melibatkan 1.200 responden.

4. Prabowo-Sandiaga unggul tipis pada polling Kumparan

Survei: Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di Segmen Pemilih MuslimFacebook/SandiSUno

Berdasarkan analisis polling Kumparan, Prabowo-Sandiaga hanya unggul 3 persen. Prabowo-Sandi mendapat 51,5 persen suara (95 persen density interval 0.504-0.525), sedangkan Jokowi-Ma'ruf mendapat 48,5 persen suara (95 persen density interval 0.475-0.496). 

Sedangkan, jumlah total suara polling online 27.668, dengan total suara sah yang masuk 7.766. Hasil polling ini menunjukkan persaingan Pilpres cukup ketat, di mana kemenangan kandidat terlihat sangat tipis.

Dari hasil polling tersebut, swing voters atau pemilih mengambang akan memerankan peranan yang signifikan dalam Pilpres 2019. Suara golput saat ini sekitar 7 persen dari total suara. 

Karena itu, arah suara yang saat ini masih golput akan sangat berarti, karena suara mereka dapat menentukan siapa yang akan menjadi pemenang pada Pilpres 2019.

Kalau kamu pilih pasangan mana guys?

Baca Juga: Hasil Polling: Prabowo-Sandi Menang Tipis dari Jokowi-Ma'ruf

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya