Jadwal KRL Baru: Tanah Abang- Rangkasbitung Jadi 30 Menit Sekali  

2020 KRL sampe Serang Banten

Jakarta, IDN Times - Masyarakat Rangkasbitung pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline kini bisa pulang lebih cepat sebab tambahan jam keberangkatan dari semula satu jam sekali menjadi 30 menit. 

Penambahan jam keberangkatan commuterline ini tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan No: KP.1781 tahun 2019 tentang Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) Tahun 2019.

1. Setiap 30 menit kini ada KRL menuju Rangkasbitung

Jadwal KRL Baru: Tanah Abang- Rangkasbitung Jadi 30 Menit Sekali  IDN Times/Dwifantya

Khusus KRL jalur Tanah Abang menuju Rangkasbitung dapat tambahan jam keberangkatan, dari yang sebelumnya satu jam sekali menjadi 30 menit sekali.

"Perubahan jadwalnya sih yang dari Tanah Abang menuju Rangkas Bitung saja, jadi setengah jam sekali," ujar Nurmantik, Kepala Stasiun Pondok Ranji, saat ditemui di Stasiun yang berlokasi di bilangan Ciputat Timur, Tangerang Selatan itu, Rabu (4/12).

Sedangkan dari arah sebaliknya, Rangkas Bitung menuju Tanah Abang tidak ada perubahan. "Kalau yang ke Tanah Abang tidak berubahan," ujarnya.

2. Meski sudah dua hari berjalan penambahan jadwal, belum ada peningkatan jumlah penumpang

Jadwal KRL Baru: Tanah Abang- Rangkasbitung Jadi 30 Menit Sekali  IDN Times/Muhamad Iqbal

Nurmantik mengatakan kereta dari Tanah Abang ada yang berhenti di Stasiun Serpong, Stasiun Parung Panjang dan Stasiun Maja. Dan stasiun itu merupakan stasiun keberangkatan awal menuju Tanah Abang.

Kereta yang menuju tiga stasiun itu tidak mengalami perubahan atau penambahan jadwal. Sejak perubahan jadwal itu, sampai saat ini sudah dua hari berjalan, Nurmantik mengatakan belum ada peningkatan penumpang.

"Sampai sekarang sih belum ada peningkatan, belum kelihatan ya," ujarnya.

3. Penambahan jadwal KRL Rangkasbitung disambut senang pengguna

Jadwal KRL Baru: Tanah Abang- Rangkasbitung Jadi 30 Menit Sekali  IDN Times/Aditya Daniel

Jais Rahman, pengguna KRL asal Pamulang yang kerap bulak-balik ke Lebak setuju dan senang dengan penambahan jadwal kereta itu.

"Ya bagus dong, jadi cepat. Saya kan sering juga ke Lebak, Rangkas," ujar Jais di Serpong, Rabu (4/12).

Jais memperkirakan, penambahan jadwal kereta ke stasiun paling jauh dari jalur Tanah Abang itu sebagai persiapan untuk perpanjangan rute kereta sampai ke Serang.

4. 2020 KRL bakal sampai Serang Banten

Jadwal KRL Baru: Tanah Abang- Rangkasbitung Jadi 30 Menit Sekali  IDN Times/Muhamad Iqbal

Seperti diketahui, Rute kereta rel listrik (KRL) Tanah Abang - Rangkasbitung pada 2020 mendatang diperpanjang hingga Kota Serang, Banten.

Kepastian perpanjangan rute ini disampaikan oleh pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) saat melakukan pengecekan ke stasiun Walantaka, Serang.

Deputi EVP PT KAI Daop 1 Jakarta, Sofyan Hasan, di Stasiun Walantaka, Kota Serang, Kamis (21/11) mengatakan, pihaknya akan mulai memasang alat-alat elektrifikasi dari stasiun Rangkasbitung sampai Serang pada awal tahun, pemasangan itu diperkirakan memakan waktu enam bulan.

"Tahun depan rencana elektrifikasi sampai Serang, jadi dari Rangkasbitung hingga Serang sudah bisa naik KRL," kata Sofyan.

Baca Juga: Hore! Rute KRL Tanah Abang-Serang Dibuka Mulai 2020

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya