Penuh Lilitan Selang Oksigen, Bocah Penderita Sirosis Hati Dievakuasi 

Tania yang rumahnya kebanjiran, mulai kehabisan oksigen

Kota Tangerang, IDN Times - Tania, 6, penderita penyakit sirosis hati terpaksa harus dievakuasi dari rumahnya di perumahan Ciledug Indah, Kota Tangerang yang terendam banjir, Kamis (2/1). Berbalut selimut dan dililit selang oksigen yang menempel di lubang hidungnya, gadis cilik ini dievakuasi keluar rumah menggunakan perahu karet.

Perumahan Ciledug Indah ialah salah satu kawasan yang mengalami banjir terparah di Tangerang. Banjir terjadi akibat hujan dan luapan Kali Angke setelah hujan deras pada malam pergantian tahun.

1. Tania bertahan dari awal banjir

Penuh Lilitan Selang Oksigen, Bocah Penderita Sirosis Hati Dievakuasi Evakuasi Balita pengidap sirosis hati di banjir Ciledug Indah (IDN Times/Candra Irawan)

Anita, 40, Ibu Tania mengatakan sejak banjir menerjang, Rabu (1/1), dia sekeluarga bertahan di lantai dua rumah mereka. Meski kondisi di lantai dua itu masih aman dari air, dirinya terpaksa keluar pada Kamis. 

"Di sana tadinya bertahan tapi kayanya gak mungkin. Ya karena mati lampu saya keluar," kata Anita.

Baca Juga: 7 Desa di Tangerang Terendam Luapan Sungai Cisadane dan Cimanceuri

2. Selama bertahan di dalam, bantuan makanan terus berdatangan

Penuh Lilitan Selang Oksigen, Bocah Penderita Sirosis Hati Dievakuasi Evakuasi Balita pengidap sirosis hati di banjir Ciledug Indah (IDN Times/Candra Irawan)

Banjir parah telah porak-porandakan perumahan di mana mereka tinggal. "Cuma AC saja yang selamat. Pokoknya (banjir) sampe ke atap," ungkapnya.

Meski begitu, Anita mengatakan keluarganya bertahan di dalam rumah. Menurutnya, dia dan Tania makan dengan normal karena bantuan makanan terus datang.

"Kalau makan, ada yg nganterin sih. Saudara-saudara juga nganterin. Ada indomie ada air putih," kata Anita.

3. Meninggalkan rumah lantaran Tania kehabisan oksigen

Penuh Lilitan Selang Oksigen, Bocah Penderita Sirosis Hati Dievakuasi Banjir Ciledug Indah, Kota Tangerang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Dirinya mengaku harus keluar dari rumah lantaran putrinya hampir kehabisan oksigen. Anita mengungkapkan, Tania yang lahir dengan kondisi berkebutuhan khusus. Dia harus terus memakai bantuan oksigen untuk kelangsungan hidupnya.

"Iya harus segera keluar karena kan dia butuh oksigen," kata Anita.

Anita mengungkapkan, dirinya pun harus memindahkan proses rawat jalan Tania ke tempat yang lebih aman. Anita dan keluarganya pun meninggalkan rumah.

4. Jadi lokasi banjir terparah di Tangerang

Penuh Lilitan Selang Oksigen, Bocah Penderita Sirosis Hati Dievakuasi Banjir Ciledug Indah, Kota Tangerang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Perumahan Ciledug Indah, jadi salah satu tempat terparah dalam bencana banjir yang menerjang dari Rabu (1/1) kemarin. Di lokasi inilah salah satu korban tewas akibat kedinginan yang terjebak di dalam rumah ditemukan.

Ketinggian air tersebut setinggi dada orang dewasa hingga mampu merendam perumahan. Banjir di Ciledug Indah terjadi akibat lokasi pemukiman itu lebih rendah dari keberadaan Kali Angke. Selain itu, curah hujam ekstrem turut memperparah banjir.

Baca perkembangan terkini seputar banjir dan artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Jadi Lokasi Terparah di Tangerang, 482 Warga Ciledug Indah Dievakuasi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya