Kontak dengan Pasien Klaster Gowa, Bocah di Jambi Tertular COVID-19

Total pasien positif COVID-19 di Jambi ada 18 orang

Jambi, IDN Times - Pasien positif COVID-19 di Provinsi Jambi bertambah 4 orang, pada Jumat (24/4). 3 pasien dirawat di Rumah Sakit Surya Khairudin Merlung Kabupaten Tanjungjabung Barat dan 1 pasien di Rumah Sakit Raden Mattaher Jambi.

"Hasil data uji swab yang telah diumumkan pemerintah pusat, bahwa Jambi terdapat penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 4 orang," kata Johansyah, Juru Bicara Penanganan COVID-19 Provinsi Jambi melalui video siaran pers, Jumat (24/4).

1. Satu pasien punya riwayat perjalanan ke Jakarta

Kontak dengan Pasien Klaster Gowa, Bocah di Jambi Tertular COVID-19Suasana T3 bandara udara internasional Soekarno-Hatta (IDN Times/Ernia Karina)

Johansyah menyampaikan, satu orang pasien asal Kota Jambi, laki-laki berusia 18 tahun memiliki riwayat kegiatan dan perjalanan ke Jakarta.

"Kita namakan Pasien 15. Sebelumnya berstatus PDP, dan dirawat di Rumah Sakit Raden Mattaher Jambi," katanya.

Selanjutnya, Pasien 16 seorang perempuan usia 15 tahun. Kemudian Pasien 17 seorang perempuan berusia 38 tahun, dan terakhir Pasien 18 anak-anak usia 7 tahun. Tiga pasien terakhir dirawat di Rumah Sakit Surya Khairudin Merlung, Kabupaten Tanjungjabung Barat.

"Pasien 16, 17 dan 18 mempunyai kontak erat dengan Pasien 06 yang saat ini dirawat di Rumah Sakit Abdul Manap Kota Jambi. Pasien 06 memiliki riwayat perjalanan ke Gowa Sulawesi Selatan," jelas Johansyah.

2. Seorang balita dinyatakan negatif berdasarkan swab test

Kontak dengan Pasien Klaster Gowa, Bocah di Jambi Tertular COVID-19Bilik swab COVID-19 buatan Dosen UGM. Dok: istimewa

Selain mendapatkan hasil swab test positif, tim gugus tugas penanganan COVID-19 Provinsi Jambi juga menerima hasil swab test negatif.

"Seorang anak laki-laki usia 3 tahun hasil uji swab pertama dinyatakan negatif. Saat ini dirawat di Rumah Sakit Surya Khairudin Merlung Kabupaten Tanjungjabung Barat. Akan dilakukan uji swab berikutnya," terang Johansyah.

Saat ini sebaran ODP di Provinsi Jambi tercatat 336 orang dan PDP 53 orang. Total pasien positif COVID-19 sebanyak 18 orang. Menunggu hasil swab test 30 orang.

Kota Jambi masih menjadi daerah paling banyak terdapat ODP, yaitu 170 orang, PDP 19 orang dan positif 8 orang. Disusul Kabupaten Kerinci dengan jumlah ODP 69, PDP 1 dan positif 1 orang. Sedangkan Kabupaten Tanjungjabung Timur tidak ditemukan ODP dan PDP.

3. Sudah 10 orang positif COVID-19 dari klaster Ijtima Gowa

Kontak dengan Pasien Klaster Gowa, Bocah di Jambi Tertular COVID-19Suasana ijtima di Gowa. Dok. IDN Times

Pasien 06 asal Kota Jambi mengikuti Ijtima Tablig di Gowa Sulawesi Selatan dinyatakan positif COVID-19 pada Rabu (15/4). Pasien 06 merupakan pasien pertama yang dinyatakan positif dari klaster ijtima Gowa di Provinsi Jambi.

Dari pasien 06 ini, Pemerintah Kota Jambi melakukan contact tracing kepada warga Kota Jambi yang mengikuti Ijtima Gowa. Dari situ didapatkan pasien positif lainnya yang diketahui memiliki kontak erat dengan pasien 06.

Hingga saat ini, dari klaster Ijtima Gowa di Jambi, terdapat 10 orang yang dinyatakan positif COVID-19. Tujuh orang dirawat di Kota Jambi dan tiga orang dirawat di Kabupaten Tanjungjabung Barat. Satu orang pasien positif anak usia 7 tahun.

Baca Juga: Tradisi Panen Beluluk di Jambi Tulo untuk Sambut Ramadan

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya