Comscore Tracker

Warga Jambi Positif COVID-19 Diduga Usai Jumpa Orang dari Luar Negeri

Pasien COVID-19 bertemu orang dari luar negeri di pengajian

Jambi, IDNTimes - Jumlah pasien positif virus corona atau COVID-19 di Jambi bertambah satu orang, sehingga jumlah kasus virus corona di provinsi ini menjadi dua, per Senin (30/3).

Kasus ini setelah sepekan sebelumnya di Jambi, pertama kali dinyatakan terdapat pasien positif virus corona.

1. Jumlah ODP di Jambi berkurang menjadi 1.041 orang

Warga Jambi Positif COVID-19 Diduga Usai Jumpa Orang dari Luar Negeri(corona.jambiprov.go.id)

Juru Bicara Penanganan Virus Corona (COVID-19) Provinsi Jambi Johansyah mengatakan, terjadi penambahan jumlah kasus virus vorona di wilayahnya.

"Satu pasien positif corona di Provinsi Jambi, jenis kelamin laki-laki dengan umur 53 tahun," kata dia melalui video siaran pers, Senin (30/3).

Sementara, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Jambi 1.041 orang, berkurang dari sehari sebelumnya berjumlah 1.131 orang. Sedangkan, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 18 orang, meningkat dari sehari sebelumnya 14 orang. Sedangkan hasil uji lab dinyatakan 18 orang negatif dan dua positif virus corona.

"Saat ini menunggu hasil uji lab lima orang," kata Johansyah.

Dari sebaran ODP dan PDP di Provinsi Jambi, Kota Jambi menempati urutan teratas, dengan jumlah ODP 263 orang dan PDP 10 orang, diikuti Kabupaten Muarojambi ODP 114 orang, namun tidak ada PDP. Sedangkan Kota Sungaipenuh menempati urutan paling sedikit ODP, hanya tercatat enam orang dan tidak ada PDP.

Warga Jambi Positif COVID-19 Diduga Usai Jumpa Orang dari Luar Negeri(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Hasil Rapid Test Jabar: Sukabumi Paling Banyak Positif Virus Corona

2. Pasien positif virus corona merupakan warga Kerinci

Warga Jambi Positif COVID-19 Diduga Usai Jumpa Orang dari Luar NegeriIlustrasi (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/ama.)

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci Hermendizal mengatakan pasien yang dinyatakan positif virus corona adalah warga Kerinci.

"Baru dapat informasi resmi dari Provinsi Jambi pukul 16.30 WIB, bahwa hasilnya ada warga Kerinci yang positif," kata dia.

Mendapatkan kabar tersebut, Dinkes Kerinci langsung menjemput pasien dari kediamannya menuju Rumah Sakit Umum MHA Thalib Kerinci.

"Dibawa ke rumah sakit untuk mendapat penanganan dan diisolasi," ujar Hermendizal.

3. Pasien COVID-19 pernah kontak dengan orang yang pulang dari luar negeri

Warga Jambi Positif COVID-19 Diduga Usai Jumpa Orang dari Luar NegeriIlustrasi. (Dok. IDN Times)

Hermendizal menjelaskan pasien positif virus corona ini tidak pernah keluar negeri. Namun, dari informasi yang didapatkan, dia pernah satu acara pengajian dengan orang yang pulang dari luar negeri.

"Belum diketahui siapa orang satu pengajian pasien ini. Karena pasien belum terbuka dengan petugas," kata dia.

Sementara, data tim Satgas Covid19 Pemkab Kerinci per Senin (30/3), PDP berjumlah tiga orang. Sedangkan, ODP sebanyak 52 orang. Pasien baru dengan status PDP berasal dari Kayu Aro. Sedangkan dua lainnya yang PDP dari Puskesmas Semerap dan Semurup.

“Bertambah satu orang, jadi total pasien PDP yang diisolasi di RSU MHA Thalib Kerinci menjadi tiga orang," kata Hermendizal.

4. Warga Kerinci diimbau tidak panik dan tetap waspada

Warga Jambi Positif COVID-19 Diduga Usai Jumpa Orang dari Luar NegeriJuru bicara penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) Provinsi Jambi, Johansyah memberikan keterangan melalui video siaran pers, Senin (30/3)/IDN Times/Ramond EPU

Hermendizal mengimbau kepada masyarakat Kerinci untuk tidak panik dan cepat menerima informasi yang belum jelas kebenarannya.

"Jangan panik, tetap waspada. Lebih baik di rumah, jika tidak ada hal yang sangat penting yang harus untuk keluar rumah," kata dia.

Hermendizal mengatakan untuk sementara pasien positif virus corona akan ditangani dokter yang ada di RSU MHA Thalib Kerinci.

"Nanti dokter yang akan menentukan, apakah akan dirujuk ke rumah sakit Jambi apa tidak," kata Hermendizal.

https://www.youtube.com/embed/1XNhzcvZUL4

Baca Juga: Mentawai Larang Orang Masuk dan Keluar untuk Cegah Virus Corona

Topic:

  • Rochmanudin
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya