Comscore Tracker

Tambah 16 Lintasan, Dermaga II ASDP Telaga Punggur Batam Diresmikan

Pembangunan habiskan anggaran Rp60 miliar

Batam, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya meresmikan Dermaga II Pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Telaga Punggur, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis (25/2/2021).

Budi mengatakan dengan peresmian dermaga II ASDP Telaga Punggur, maka akan menambah tujuan, dari 11 menjadi 16 lintasan. Tambah sekitar 50 persen, itu kabar yang cukup baik,” ujarnya.

Baca Juga: Mobil Terbakar di SPBU Batam, Dua Balita Meninggal Dunia

1. Kepri daerah kepulauan mutlak perlu konektivitas

Tambah 16 Lintasan, Dermaga II ASDP Telaga Punggur Batam DiresmikanDermaga II Pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Telaga Punggur, Kota Batam, Kepulauan Riau diresmikan, Kamis (25/2/2021). (IDN Times/Margaretha Nainggolan).

Penambahan lintasan terdiri dari Punggur ke Tungkal, Punggur ke Tanjungbalai Karimun, Punggur ke Dabo dan Punggur ke Selari.

Menurut Budi, Kepri yang merupakan daerah kepulauan, memang mutlak memerlukan konektivitas. Agar mendukung kegiatan masyarakat.

“Bayangkan pulau jauh di sana, kalau tak ada kapal, maka pakai getek,” kata dia.

2. Pembangunan dermaga II habiskan Rp60 miliar

Tambah 16 Lintasan, Dermaga II ASDP Telaga Punggur Batam DiresmikanDermaga II Pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Telaga Punggur, Kota Batam, Kepulauan Riau diresmikan, Kamis (25/2/2021). (IDN Times/Margaretha Nainggolan).

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ida Puspadewi, menjelaskan pembangunan dermaga II tersebut menggunakan dana mandiri mencapai sekitar Rp 60 miliar.

“Dermaga II ini memiliki kapasitas lebih tinggi dibandingkan dermaga terdahulu, yaitu 10 ribu GT, sedangkan yang lama 5 ribu GT,” ujar Ida.

Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat (Hubda), Budi Setyadi menambahkan, pembangunan dermaga tersebut menghabiskan waktu sekitar 10 bulan. Dimulai sejak bulan Februari 2020 hingga akhir tahun 2020.

3. Sebanyak 70 unit GeNose akan dipasang di dermaga penyeberangan dan terminal

Tambah 16 Lintasan, Dermaga II ASDP Telaga Punggur Batam DiresmikanMesin GeNose (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Terkait alat tes GeNose COVID-19, Budi mengatakan sesuai Surat Edaran (SE) dari gugus tugas dan sudah penjabaran dengan SE Dirjen Perhubungan Darat bertanggungjawab untuk terminal dengan dermaga penyeberangan.

Pihaknya telah memesan 200 alat GeNose, dan 70 di antaranya untuk pengadaan ASDP untuk semua penyebrangan di Indonesia. “Alatnya sudah pesan, jika sudah datang, langsung pasang,” kata dia.

Baca Juga: Mengulik Potensi Wisata Sejarah, Bahari dan Sport di Batam 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya