3 Isu Tak Terbahas Dalam Debat Ke-4 Pilpres 2019 Versi Komnas HAM

Justru isu yang dekat dengan keseharian warga

Jakarta, IDN Times - Beberapa topik bahasan menurut Komnas HAM terlewat untuk dibahas dalam debat pilpres putararan ke-4 yang dilakukan Sabtu (30/3) lalu. Dalam konferensi pers yang dilakukan di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, pada Senin (1/4), Komnas HAM memaparkan catatan-catatannya terkait debat yang mengangkat tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional tersebut.

Setidaknya, ada 3 hal yang terlewat dibahas dalam debat Pilpres 2019 putaran ke-4 lalu. Padahal, Komnas HAM menilai hal-hal yang terlewat ini justru sangat berkaitan dengan tema debat.

Baca Juga: 5 Catatan Komnas HAM soal Debat ke-4 Pilpres

1. Isu keamanan kurang dibicarakan

3 Isu Tak Terbahas Dalam Debat Ke-4 Pilpres 2019 Versi Komnas HAMIDN Times/Margith Juita Damanik

Ketua Komisioner Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, menyayangkan isu keamanan tidak terlalu dibahas dalam debat Pilpres 2019 putaran ke-4. Kedua calon presiden, baik Joko "Jokowi" Widodo maupun Prabowo Subianto dirasa hanya fokus pada persoalan pertahanan.

"Fokusnya lebih banyak pertahanan," kata Taufan saat ditemui di kantor Komnas HAM pada Senin (1/4). "Tapi, soal keamanan gak begitu banyak diungkap. Padahal sebagai rakyat Indonesia, kita sehari-hari lebih banyak berhadapan dengan sistem keamanan, dengan kepolisian," kata Taufan.

2. Isu Papua tak dibahas sama sekali

3 Isu Tak Terbahas Dalam Debat Ke-4 Pilpres 2019 Versi Komnas HAMIDN Times/Margith Juita Damanik

Anggota Komisioner Komnas HAM, Amiruddin, juga menyayangkan isu Papua luput dari pembahasan debat Pilres 2019 putaran ke-4. Padahal menurut Amiruddin, isu Papua justru sangat beririsan dengan tema yang diangkat, yakni Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional.

“Semestinya soal Papua itu dibicarakan dalam debat kemarin. Karena Papua itu bersangkutan dengan diplomasi, pertahanan, keamanan, juga pemerintahan,” kata Amiruddin.

3. Tak singgung isu TKI

3 Isu Tak Terbahas Dalam Debat Ke-4 Pilpres 2019 Versi Komnas HAMIDN Times/Margith Juita Damanik

Isu lain yang dirasa terlewat dalam pembahasan debat adalah isu keamanan WNI, khususnya TKI, dan juga pengungsi. Isu ini, menurut Komnas HAM seharusnya dapat menjadi isu yang paling diperhatikan karena juga beririsan dengan tema debat.

"Hal yang terlupakan adalah tentang perlindungan WNI. Terutama TKI yang bermasalah secara hukum di luar negeri," kata Ketua Tim Pemantau Pemilu Komnas HAM yang juga Wakil Ketua Komisioner Komnas HAM, Hairansyah.

4. Tema debat terlalu banyak?

3 Isu Tak Terbahas Dalam Debat Ke-4 Pilpres 2019 Versi Komnas HAMANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pihak Komnas HAM sendiri pun bertanya-tanya penyebab terlewatnya pembahasan isu-isu yang dekat dengan masyarakat, seperti yang sudah disebutkan di atas.

Spekulasi pun bermunculan dari pihak Komnas HAM, mulai dari tema debat yang terlalu banyak dan luas, hingga pertanyaan yang tak terarah.

Kalau menurut kamu, kenapa 3 isu tadi terlewat dalam debat Pilpres 2019 putaran ke-4 lalu?

Baca Juga: Datang ke Papua, Jokowi Janjikan Ajak Anak-anak Papua ke Dufan

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya