Agus Wibowo, Sahabat Baru Pewarta Bencana Pengganti Sutopo BNPB

Selamat bertugas, Pak Agus!

Jakarta, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) resmi menunjuk pejabat Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB yang baru pengganti Sutopo Purwo Nugroho. Nama Agus Wibowo terpilih untuk menduduki jabatan tersebut.

Dihubungi IDN Times melalui pesan singkat, Agus menyampaikan dirinya resmi menjabat sebagai Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB sejak Senin (30/9) yang lalu.

"Iya resmi (menjabat) per Senin kemarin," jawab Agus pada Rabu (2/10).

Baca Juga: Berikan Penghargaan kepada Sutopo, BNPB Resmikan Aula

1. Mantan Kapusdiklat BNPB

Agus Wibowo, Sahabat Baru Pewarta Bencana Pengganti Sutopo BNPBIDN Times/Margith Juita Damanik

Sosok Agus Wibowo sebelumnya diketahui pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Pendidikan Latihan (Kapusdiklat) di BNPB. Selain itu ia juga menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Pengadilan Operasi (Kapusdalops).

Agus bukan orang baru dalam bidang kebencanaan dan teknologi. Dilansir dari berbagai sumber, Agus pernah bekerja di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sejak 1992 hingga 2012.

Di sana Agus bekerja sebagai perekayasa bidang teknologi inventarisasi untuk sumber daya alam. Utamanya untuk teknologi sistem informasi geografis dan penginderaan jauh.

2. Lulusan Belanda

Agus Wibowo, Sahabat Baru Pewarta Bencana Pengganti Sutopo BNPBIDN Times/Irfan fathurohman

Latar belakang pendidikan Agus juga dapat dikatakan sejalan dengan bidang yang ditanganinya. Agus menempuh pendidikan sarjana di Teknik Sipil Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Setelahnya Agus melanjutkan pendidikan S2 di bidang Teknologi Informasi Geospasial di University of Twente, Faculty of Geo-Information Science and Earth Observation (ITC) dan Wageningen Agricultural University (WAU) di Belanda.

Tak berpuas diri dengan ilmu dari negeri Belanda yang didalaminya, Agus diketahui mengambil program Doktoral bidang Teknologi Geomatika Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan di Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Baca Juga: Mengenang Sutopo BNPB Lewat Buku Biografi Terjebak Nostalgia

3. Pengganti Sutopo

Agus Wibowo, Sahabat Baru Pewarta Bencana Pengganti Sutopo BNPBBiro Pers Istana/Laily Rachev

Agus menggantikan jabatan yang dulunya diemban oleh almarhum Sutopo Purwo Nugroho. Pak Topo, begitu Sutopo akrab disapa, meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker paru-paru yang menggerogotinya awal Juli 2019 lalu.

Sutopo dikenal sebagai sosok yang dekat dengan masyarakat dan media. Ketanggapan dan kegesitannya menyebarkan informasi kebencanaan kepada masyarakat lewat media massa dan media sosial membuatnya dekat dan menjadi sahabat pewarta bencana dan masyarakat Indonesia.

Sejak 15 Juli 2019, Agus mengemban jabatan sebagai Plh Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB menggantikan Sutopo dan akhirnya resmi melepaskan status Plh pada Senin (30/9) lalu.

4. Sempat gugup menjalani tugas pertama

Agus Wibowo, Sahabat Baru Pewarta Bencana Pengganti Sutopo BNPBIDN Times/Irfan fathurohman

Ketika menyampaikan konferensi pers pada 15 Juli 2019 lalu, kepada media Agus mengaku itu merupakan kali perdana bagi dia berbicara di depan wartawan. Agus juga mengaku merasa gugup.

Kini, resmi mengemban tugas sebagai Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus diharapkan tak hanya menjadi sumber informasi pertama, namun juga menjadi sahabat baru bagi pewarta bencana dan juga bagi masyarakat Indonesia.

Selamat bertugas, Pak Agus!

Baca Juga: Kepala BNPB: Riau Tanpa Asap Hanya Slogan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya