Comscore Tracker

Beredar Hoaks Eks Anggota FPI Bunuh Diri Massal demi Rizieq Shihab 

Foto yang beredar adalah foto aksi demo FPI pada 2018 lalu

Jakarta, IDN Times - Baru-baru ini ramai beredar pemberitaan yang memperlihatkan tangkapan layar yang menyeret mantan anggota Front Pembela Islam (FPI). Sebuah tangkapan layar memperlihatkan gambar sejumlah orang sedang melakukan demonstrasi menggunakan pakaian putih.

Gambar tersebut diklaim sebagai deklarasi dari mantan anggota FPI yang bersumpah melakukan tindakan bunuh diri jika Rizieq Shihab tidak dibebaskan.

Dalam gambar tersebut tertulis narasi: Kurang lebih 200 org bersumpah mbela hrs sampai mati.

Benarkah demikian, bahwa anggota FPI bersumpah akan bunuh diri jika Rizieq Shihab tidak dibebaskan?

Baca Juga: [CEK FAKTA] Masker Sebabkan Kematian karena Virus Corona Terperangkap?

1. Foto yang tersebar ternyata foto demo FPI pada 2018

Beredar Hoaks Eks Anggota FPI Bunuh Diri Massal demi Rizieq Shihab IDN Times/Sukma Shakti

Dilansir ANTARA, Selasa (13/4/2021), informasi tersebut dinyatakan sebagai hoaks.

Konten foto yang diduga dari eks anggota FPI tersebut diklarifikasi sebagai konten Disinformasi. Dilansir laman remsi Jabar Saber Hoax, konten tersebut adalah rekayasa.

Foto yang ramai tersebar di Facebook itu ternyata merupakan foto dari aksi FPI pada 2018 lalu. Foto itu merupakan momentum yang diabadikan ketika massa FPI kala itu berdemo di kantor Tempo, Jakarta.

2. Sempat ada video yang meminta agar Rizieq Shihab dibebaskan

Beredar Hoaks Eks Anggota FPI Bunuh Diri Massal demi Rizieq Shihab Tangkapan layar video seruan pembebasan Muhammad Rizieq Shihab. IDN Times/Andri NH

Sebelumnya, publik di Sumatra Barat (Sumbar) dihebohkan dengan video berdurasi 26 detik di media sosial (medsos) yang menyerukan agar mantan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, dibebaskan.

Ratusan siswa yang diduga berasal dari SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman tampil dalam video dan mengucapkan kalimat takbir.

Video itu pertama kali diunggah oleh akun Twitter bernama @mukiyo_nggombal. Akun ini menandai @Kemenag_Ri dengan narasi penutupan sekolah hingga tentang intoleran. Sampai kini, video itu sudah ditonton lebih dari 10 ribu kali.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Kami para pemuda dan siswa dan siswi SMA Ulakan Tapakis meminta kepada rezim bebaskan Imam Besar kami, Habib Rizieq Shihab,” seru pemuda di video, Jumat (2/4/2021).

3. Rizieq ditetapkan sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan

Beredar Hoaks Eks Anggota FPI Bunuh Diri Massal demi Rizieq Shihab Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (tengah) bersiap menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/12/2020). Rizieq Shihab tiba di Mapolda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai tersangka kasus pelanggaran protokol kesehatan terkait kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta pada 14 November lalu. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Rizieq Shihab saat ini masih mendekam di penjara Polda Metro Jaya usai ditetapkan sebagai tersangka atas beberapa kasus, salah satunya kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Selain Rizieq, ada lima orang lainnya yang juga ditetapkan sebagai tersangka dari kasus yang sama.

Kelimanya yakni Ketua Panitia Acara Haris Ubaidillah (HU), Sekretaris Panitia Ali Bin Alwi Alatas (A), Penanggung Jawab Keamanan Acara Maman Suryadi (MS), Penanggung Jawab Acara Shabri Lubis (SL) dan Kepala Seksi Acara Habib Idrus (HI).

Dalam kasus ini, para tersangka diduga melanggar Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018, tentang Karantina Kesehatan. Untuk Rizieq Shihab, dijerat dua pasal tambahan yakni Pasal 160 KUHP tentang penghasutan dan Pasal 216 KUHP tentang melawan petugas.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya