[CEK FAKTA] Jokowi Klaim Tren Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Meningkat

Benarkah meningkat?

Jakarta, IDN Times - Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo dalam pidato kenegaraannya menyampaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia trennya meningkat sejak lima tahun terakhir. Pidato disampaikan di Gedung MPR/DPR, Jakarta di ruang sidang paripurna MPR pada Jumat (16/8).

"Kita patut bersyukur bahwa di tengah gejolak perekonomian global, pembangunan ekonomi kita selama lima tahun ini telah menunjukkan capaian yang menggembirakan," kata Jokowi.

"Pertumbuhan ekonomi kita trennya meningkat dari 4,88 persen di tahun 2015, menjadi 5,17 persen di tahun 2018, dan terakhir Semester I-2019 mencapai 5,06persen," lanjut dia.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dari laman resminya (www.bps.go.id), angka yang diperoleh tidak sepenuhnya sama. BPS mencatat ekonomi Indonesia pada 2015 tumbuh 4,79 persen. Angka ini dinilai melambat bila dibanding tahun 2014 sebesar 5,02 persen.

Selain itu, laporan perekonomian Indonesia 2018 dari Bank Indonesia, menunjukan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2018 tercatat di angka 5,17 persen. Angka ini menunjukan adanya peningkatan dibandingkan dengan pertumbuhan tahun sebelumnya sebesar 5,07 persen.

Di tambah lagi BPS mencatat ekonomi Indonesia pada triwulan II-2019 dibandingkan triwulan II-2018 mengalami pertumbuhan sebesar 5,05 persen.

[CEK FAKTA] Jokowi Klaim Tren Pertumbuhan Ekonomi Indonesia MeningkatIDN Times/Arief Rahmat

Baca Juga: [CEK FAKTA] Jokowi Sebut Masyarakat Kelas Menengah Meningkat

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya