[CEK FAKTA] Jokowi Sebut Masyarakat Kelas Menengah Meningkat

Indonesia peringkat empat dunia jumlah penduduk terbanyak

Jakarta, IDN Times - Indonesia disebut memiliki modal awal untuk dapat bersaing di dunia global. Hal ini disampaikan Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodom pada Pidato Kenegaraan.

Mengenakan pakaian adat Sasak, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jokowi menyampaikan pidato di Gedung MPR/DPR di ruang siang paripurna MPR pada Jumat (16/8).

"Indonesia memiliki modal awal untuk bersaing di tingkat global," kata Jokowi. "Jumlah penduduk kita nomor empat terbesar di dunia. Sebagian besar penduduk kita berusia muda. Kelas menengah kita tumbuh dengan pesat," lanjut dia.

Dilansir dari worldometers.info, Indonesia menduduki peringkat empat dunia dengan jumlah penduduk terbanyak. Indonesia tercatat memiliki penduduk dengan total 269.536.482.

Berdasarkan survei yang dilakukan IDN Research Institute dalam Indonesia Millennials Report 2019, penduduk Indonesia didominasi oleh penduduk dengan usia produktif dan muda. Komposisi penduduk Indonesia berdasarkan usia menunjukkan pola seperti piramid.

Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan data peningkatan penduduk kelas menengah Indonesia. Pada Maret 2018, tercatat penduduk kelas menengah Indonesia ada di angka 36,62 persen. Angka ini meningkat pada Maret 2019 menjadi 36,81 persen.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Angka Kemiskinan Terus Turun hingga Menyentuh Satu Digit

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya