Demo Mahasiswa Berlanjut, Ini 5 Sikap Universitas Indonesia

Masih boleh demo?

Jakarta, IDN Times - Mahasiswa kembali menggeruduk Gedung DPR hari ini, Selasa (1/10). Mereka datang dari berbagai universitas, seperti Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Mercu Buana, Bina Sarana Informatika (BSI), Gunadarma.

Sementara Universitas Indonesia mengeluarkan pernyataan sikap secara tertulis. Ada lima poin yang mereka sampaikan melalui pernyataan tertulis tersebut.  

Pertama, Universitas Indonesia menyatakan keprihatinannya terhadap kondisi nasional saat ini. Kedua, Universitas Indonesia menghargai setiap perbedaan pendapat untuk Indonesia yang lebih baik.

Dalam poin ketiga, Universitas Indonesia menyatakan sikap untuk mendukung langkah-langkah konstitusional, dialogis, dan konstruktif demi persatuan bangsa dalam menyelesaikan berbagai perbedaan pendapat.

Keempat, Universitas Indonesia menyatakan sikap untuk meminta semua pihak agar memperhatikan dampak sosial, ekonomi, politik, dan keamanan dari berbagai kegiatan yang dapat membahayakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Poin terakhir dari sikap Universitas Indonesia adalah mengimbau semua pihak untuk lebih mengedepankan keutuhan NKRI daripada kepentingan golongan atau kelompok, sesuai dengan cita-cita kemerdekaan yaitu menyejahterakan rakyat, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dalam pernyataan sikap tersebut, pihak Universitas Indonesia tidak menuliskan secara tegas apakah mahasiswa tetap diizinkan untuk melakukan demonstrasi atau tidak.   

Baca Juga: Hima Persis Tuntut Kasus Tewasnya 2 Mahasiswa Kendari Diusut Tuntas

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya