Gempa di Laut Maluku, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi bermagnitudo 7,0

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa bumi bermagnitudo 7,0 di laut Maluku. Gempa terjadi pada Rabu (18/1/2023) pukul 13.06 WIB.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,80 derajat Lintang Utara ; 127,03 derajat Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 124 kilometer arah selatan Kota Melonguane, Sulawesi Utara pada kedalaman 71 kilometer," tulis BMKG dalam keterangan tertulisnya.

1. Tidak berpotensi tsunami

Gempa di Laut Maluku, Tidak Berpotensi TsunamiIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

BMKG menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 14.10 WIB, BMKG mencatat ada sepuluh aktivitas gempa bumi susulan.

Gempa susulan terekam bermagnitudo 3,8 hingga 5,3. BMKG merekomendasikan agar masyarakat tetap tenang dan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Baca Juga: Gempa Bali Terasa hingga Lombok, BMKG Catat 21 Gempa Susulan 

2. Penjelasan soal gempa

Gempa di Laut Maluku, Tidak Berpotensi TsunamiIlustrasi gempa bumi (unsplash.com/Jose Antonio Gallego Vázquez)

Melansir dari rilis BMKG, disebutkan gempa bumi yang terjadi merupakan menengah. Ini disimpulkan dengan melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

Gempa ini diduga dipicu oleh deformasi batuan dalam Lempeng Laut Maluku. Gempa bumi tektonik ini memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

3. Wilayah yang merasakan gempa

Gempa di Laut Maluku, Tidak Berpotensi TsunamiIlustrasi gempa bumi. (unsplash.com/davegoudreau)

Gempa bumi ini dirasakan di daerah Kepulauan Talaud, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Sitaro, dan Tidore, dengan skala intensitas III-IV MMI.

Wilayah Minahasa, Manado, Minahasa Utara, Bitung, Ternate, Sofifi, Halmahera Timur, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan, Halmahera Barat, Halmahera Utara, Bolaang Mongondow, dan Banggai Kepulauan, merasakan gempa bumi dengan skala intensitas III MMI. Sementara, kota Gorontalo merasakan gempa dengan intensitas II MMI.

Baca Juga: Gempa di Sulawesi Utara, Saluran Komunikasi ke Nanusa Talaud Terputus

Baca Juga: Gempa Bali Terasa hingga Lombok, BMKG Catat 21 Gempa Susulan 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya