Hasil Survei: Nadiem Makarim Populer, Tapi Tak Dipercaya Publik

Nadiem kalah populer dari Sri Mulyani dan Prabowo

Jakarta, IDN Times - Direktur Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah Putra, memaparkan hasil survei yang menyebutkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim masuk dalam golongan menteri populer di Kabinet Indonesia Maju Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin.

Namun, kata Dedi, meski populer Nadiem Makarim ternyata tak cukup dipercaya publik.

Baca Juga: [BREAKING] Nadiem Makarim Mendadak Sambangi Kantor BUMN, Ada Apa? 

1. Nadiem kalah populer dari Sri Mulyani dan Prabowo

Hasil Survei: Nadiem Makarim Populer, Tapi Tak Dipercaya PublikNadiem Makarim (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Berdasarkan hasil survei IPO, dengan melibatkan 800 responden yang tersebar di 27 provinsi dan margin of error lebih kurang 4,5 persen, Nadiem masuk dalam empat besar menteri Jokowi yang populer.

Nadiem memperoleh angka 5,4 persen sama seperti Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

Sementara, menteri paling populer adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan angka 39,3 persen. Disusul Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di peringkat kedua. 

Hasil survei ini dibeberkan Dedi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (23/11).

2. Publik belum terlalu percaya pada Nadiem sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan

Hasil Survei: Nadiem Makarim Populer, Tapi Tak Dipercaya PublikDirektur Indonesia Political Opinion dalam diskusi bertajuk "Efek Milenial Di Lingkaran Istana" pada Sabtu (23/11) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Meski populer, namun tingkat kepercayaan publik terhadap Nadiem tidak terlalu tinggi. Kepercayaan publik terhadap Nadiem sebagai mendikbud, berada di urutan lima terbawah dengan angka empat persen.

Menteri yang paling dipercaya publik justru Prabowo Subianto dengan memperoleh angka 24,3 persen. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyusul di nomor dua dengan skor 19,3 persen, dan Menteri BUMN Eric Thohir berada di urutan ketiga dengan perolehan 11,2 persen.

3. Tidak hanya Nadiem, publik juga meragukan Luhut dan Tito Karnavian

Hasil Survei: Nadiem Makarim Populer, Tapi Tak Dipercaya PublikMenteri Kabinet Indonesia Maju (Twitter/KSPgoid)

Meski mantan CEO Gojek ini sudah sebulan menjadi menteri, berdasarkan survei IPO, publik ternyata masih menyimpan keraguan terhadap Nadiem. Nama Nadiem masuk dalam peringkat delapan sebagai menteri yang diragukan berada di kementerian yang tepat dengan perolehan 8,2 persen.

Sementara menteri yang paling diragukan dengan kursi menteri yang didudukinya adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Padjaitan dengan angka 15,2 persen. Peringkat kedua ditempati mantan kapolri yang kini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dengan angka 14,7 persen.

Baca Juga: Ganjar Ingatkan Mendagri Tito Hati-hati Soal Pilkada Tak Langsung

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya