Comscore Tracker

Ikut Potong Rambut Massal, Jokowi Dituding Pencitraan

Sandiaga Uno juga pernah disebut pencitraan

Jakarta, IDN Times - Maju sebagai kandidat dalam pemilu 2019, membuat kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden tak luput dari perhatian masyarakat. Tak juga luput dari tudingan setting-an atau pencitraan.

Hal ini dialami Joko "Jokowi" Widodo, calon presiden nomor urut satu, ketika berkunjung ke Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Jokowi yang turut dalam kegiatan potong rambut massal di sana, dianggap sekadar obral pencitraan. Pasalnya yang memotong rambut sang RI 1 di Garut ternyata adalah tukang pangkas rambut langganan yang dibawa dari Jakarta.

1. Tukang pangkas dari Jakarta diundang ke Garut

Ikut Potong Rambut Massal, Jokowi Dituding PencitraanIDN Times/Galih Persiana

Herman Pelani diketahui menjadi tukang potong rambut yang memotong rambut Jokowi saat tengah berada di Garut, Jawa Barat pada Sabtu (19/1). Herman diketahui sehari-hari bekerja sebagai tukang pangkas rambut di Shortcut Barberia, Jakarta.

Dalam akun instagram Shortcut Barberia Jakarta (@barberia_id) tertulis pihak Shortcut Barberia mendapat undangan untuk turut hadir ke Garut. "We have been invited to join Bp. Joko Widodo to participate in the opening of PPRG (Persaudaraan Pangkas Rambut Garut) in Garut today," tulis @barberia_id pada Sabtu (21/1).

2. Herman sudah bekerja jadi tukang pangkas Jokowi sejak 2013

Ikut Potong Rambut Massal, Jokowi Dituding PencitraanInstagram.com/barberia_id

Shortcut Barberia juga menuliskan bahwa pihak Shortcut Barberia sudah menjadi personal go-to barber nya Jokowi sejak tahun 2013. Selama lebih kurang 6 tahun tukang pangkas rambut ini bekerja sebagai tukang pangkas Jokowi.

"Mas Herman ini tukang cukur saya di Jakarta," kata Jokowi berdasarkan video yang diunggah @barberia_id di akun instagramnya. "Sudah 6 tahun, sejak gubernur di Jakarta," tambah Jokowi lagi.

Baca Juga: Saat Rambut Gundul Teten Masduki Dicandai Jokowi 

3. Dalam rangka menghadiri acara PPRG

Ikut Potong Rambut Massal, Jokowi Dituding PencitraanInstagram.com/barberia_id

Jokowi datang ke Garut, Jawa Barat dan menghadiri acara Persaudaraan Pangkas Rambut Garut pada Sabtu (19/1). Jokowi tampak didampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan ibu negara Iriana Widodo.

Peserta PPRG melakukan potong rambut masal di Area Wisata Situ Bagendit, Kabupaten Garut. Herman yang berkesempatan memotong rambut Jokowi diketahui berasal dari Garut meski sehari-hari bekerja di Jakarta.

4. Jokowi sempat disebut pencitraan

Ikut Potong Rambut Massal, Jokowi Dituding PencitraanIDN Times/Galih Persiana

Mengundang Herman yang merupakan tukang pangkas rambut langganan Jokowi di Jakarta ke Garut, Jokowi disebut-sebut setting-an atau pencitraan. Tindakan Jokowi ikut potong rambut massal dinilai tidak spontan.

Hal ini sempat cukup viral di media sosial. Warga net khususnya Twitter banyak melontarkan komentar terhadap aksi Jokowi ini.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tawarkan Masterplan Situ Bagendit saat Jokowi Dicukur

5. Sandiaga sempat disebut settingan juga

Ikut Potong Rambut Massal, Jokowi Dituding Pencitraaninstagram.com/@sandiuno

Calon Wakil Presiden Republik Indonesia, Sandiaga Uno juga sempat dituding membuat settingan. Salah satunya terkait 3 poin yang berhasil dicetaknya saat bermain basket di Solo.

Dalam kunjungannya ke Solo, Jawa Tengah, Sandiaga menyempatkan waktu untuk berolahraga pagi. Dia memilih untuk bermain basket di Stadion Manahan.

Bermain bersama Komunitas Setu Esuk Basketball, Sandi berhasil cetak 3 poin. Hal ini disebut-sebut hanya settingan semata.

Hadir di Indonesia Millennials Summit by IDN Times pada Sabtu (19/1), Sandi menyatakan bahwa video 3 poin nya yang viral itu bukan merupakan setting-an.

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You