Comscore Tracker

4 Helikopter Terbang Rendah di Langit Jakarta, Ada Apa?

Polri siapkan ribuan pasukan untuk amankan KPU pada 22 Mei 

Jakarta, IDN Times - Dua hari menjelang pengumuman hasil Pemilihan Umum 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), beberapa helikopter terbang rendah di atas langit Jakarta.

Berdasarkan pantauan IDN Times, beberapa helikopter terbang sekitar pukul 10.30 WIB, Senin (20/5).

Baca Juga: 10 Ribu Warga Jatim Diklaim Berangkat ke Jakarta Ikut People Power 

1. Empat helikopter terbang rendah

4 Helikopter Terbang Rendah di Langit Jakarta, Ada Apa?Dok. IDN Times

Terlihat ada empat helikopter terbang rendah di atas langit Jakarta. Keempat heli terbang dari arah Jakarta Barat menuju Jakarta Pusat.

Suara gemuruh putaran baling-baling 4 helikopter itu terdengar sangat jelas hingga ke dalam ruang kantor. Di atas langit Jakarta Barat, keempatnya melaju dengan arah yang sama.

2. Polri siapkan ribuan pasukan

4 Helikopter Terbang Rendah di Langit Jakarta, Ada Apa?IDN Times/Axel Joshua Harianja

Tidak diketahui helikopter itu terkait apa. Untuk diketahui Polisi Republik Indonesia (Polri) mempersiapkan sekitar 32 ribu pasukan untuk mengamankan pengumuman hasil penghitungan suara Pemilu 2019.

"Oleh karenanya, aparat kepolisian bersama TNI sedang mempersiapkan kurang lebih 32 ribu personel dalam rangka untuk melakukan pengamanan sebelum pelaksanaan tanggal 22 (Mei 2019)," jelas Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo  di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (13/5) lalu.

3. Puluhan ribu orang diklaim akan berunjuk rasa

4 Helikopter Terbang Rendah di Langit Jakarta, Ada Apa?IDN Times/Denisa Tristianty

Sebelumnya Forum Umat Islam Jatim menyebutkan, akan ada setidaknya 10.000 orang yang diberangkatkan ke Jakarta untuk melakukan unjuk rasa pada hari pengumuman hasil Pemilu 2019, 22 Mei mendatang.

Massa pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyebutkan, akan ada gelaran aksi damai untuk meminta KPU mendiskualifikasi pasangan calon presiden-calon wakil presiden Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin.

4. KPU jadi fokus utama

4 Helikopter Terbang Rendah di Langit Jakarta, Ada Apa?IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

KPU menjadi fokus utama pengamanan pada saat pengumuman hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019.

Berdasarkan standard operation procedure (SOP), Polri membagi wilayah menjadi 4 ring. Kawasan KPU menjadi ring satu. Menurut Dedi, ring satu harus dalam keadaan clear, sehingga pengamanan diperketat di wilayah itu.

Baca Juga: Dua Hari Menuju Pengumuman Resmi KPU, Ini Hasil Rekapitulasi Sementara

Topic:

  • Sunariyah
  • Rochmanudin

Just For You