JK Sebut Bandara Internasional Yogyakarta Paling Modern

Meski belum rampung, bandara itu akan beroperasi Senin ini

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) menyebut Bandar Udara Internasional Yogyakarta merupakan bandara yang paling modern di Indonesia. Hal itu disampaikan JK saat tiba bersama rombongannya tiba di Kulon Progo, Yogyakarta pada Sabtu (4/5) pagi.

1. JK meninjau Bandara Internasional Yogyakarta sekaligus membuktikan kualitasnya

JK Sebut Bandara Internasional Yogyakarta Paling ModernIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Rombongan tiba sekitar pukul 08.00 WIB dari Bandara Halim Perdana Kusuma di Bandara Internasional Yogyakarta menggunakan pesawat jenis Boeing. Begitu mendarat, JK langsung meninjau Bandara Internasional Yogyakarta sekaligus membuktikan bahwa bandara ini layak digunakan baik untuk penerbangan dalam negeri maupun luar negeri.

"Bandara ini menjadi bandara paling modern di Indonesia. Bandara ini akan menjadi bandara yang luar biasa, kalau sudah jadi semua," kata Jusuf kala dikutip dari Antara.

JK menyebutkan pendaratan pesawat kepresidenan berjalan mulus dan tidak terasa (goncangannya). Hal ini menurutnya dikarenakan landasan pacu yang dimiliki Bandara Internasional Yogyakarta bagus.

2. Bandara itu mulai beroperasi Senin (6/5)

JK Sebut Bandara Internasional Yogyakarta Paling ModernIDN Times/Daruwaskita

Bandara Internasional Yogyakarta dijadwalkan akan mulai beroperasi untuk melayani penerbangan komersial pada Senin (6/5) mendatang. Kondisi bangunan saat ini masih belum seluruhnya selesai. Namun JK menilai kondisi bangunan sudah sangat bagus.

"Baru selesai 50 persen saja kondisi sudah bagus, apalagi kalau sudah selesai semua," kata JK.

3. Berharap bandara beri dampak positif bagi wilayahnya

JK Sebut Bandara Internasional Yogyakarta Paling ModernIDN Times/Debbie Sutrisno

Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta baru selesai lebih kurang 50 persen. JK berharap keberadaan bandara tersebut dapat memberikan kemajuan yang lebih baik bagi wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan sekitarnya.

4. Belum digunakan untuk penerbangan internasional

JK Sebut Bandara Internasional Yogyakarta Paling Modernunsplash.com/@odiin

"Nanti kalau akhir tahun, bisa digunakan untuk penerbangan internasional. Tapi bukan internasional dekat, tapi internasional lebih jauh lagi," kata JK.

Ia juga menyebutkan pemerintah pusat sedang mengupayakan pembanunan infrastruktur lainnya sebagai fasilitas pendukung seperti jalan, jalur kereta api, serta jalan tol.

Baca Juga: NYIA Berganti Nama Menjadi Bandara Internasional Yogyakarta

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya