Kemendikbudristek Berikan Beasiswa Pendidikan ke 2.175 Orang

Beasiswa untuk pelajar, calon guru hingga pelaku budaya

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) kepada 2.175 orang pada semester gasal tahun akademik 2021/2022. BPI diberikan untuk jenjang S1, S2, S3, dan program gelar ganda.

“Ini merupakan upaya kami untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelaku budaya, jadi jangan disia-siakan. Bangun network baru, keluar dari zona nyaman, coba hal baru, jangan takut ambil risiko, dan usaha inovatif dalam pembelajaran,” ujar Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/10/2021).

1. Penerima BPI terdiri dari pelajar, pengajar dan pelaku budaya

Kemendikbudristek Berikan Beasiswa Pendidikan ke 2.175 OrangKunjungan Kerja Mendikbud Nadiem Makarim ke Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (Dok. BKHumas Kemendikud)

Nadiem merinci BPI diberikan kepada calon guru, guru, calon dosen, dosen, pelaku budaya, siswa, dan mahasiswa berprestasi. Para penerima BPI tersebut mengikuti pendidikan di 59 perguruan tinggi dalam negeri dan 112 perguruan tinggi yang tersebar di 20 negara.

Kemendikbudristek memberikan BPI melalui Pusat Layanan Pembinaan Pendidikan (Puslapdik). Penerima BPI juga akan diberikan pembekalan untuk meningkatkan kompetensi dalam program Merdeka Belajar.

Baca Juga: Beruntungnya Asror! Ketemu Jokowi Langsung Diberi Beasiswa Sekolah  

2. Kuota beasiswa untuk guru, dosen, dan pelaku budaya akan ditambahkan

Kemendikbudristek Berikan Beasiswa Pendidikan ke 2.175 OrangIlustrasi Profesi (Guru) (IDN Times/Mardya Shakti)

Nadiem berharap BPI bisa menjadi motivasi para penerimanya untuk menjadi pemimpin di sektor masing-masing. Ia juga meminta para penerima mengoptimalkan BPI sehingga nantinya bisa berkontribusi untuk masyarakat.

"Pelan-pelan gerakan Merdeka Belajar berjalan dan semakin dapat momentum. Jadi tanpa pemimpin perubahan, tidak akan ada Merdeka Belajar," ujar Nadiem.

"Jadi optimalkan dan kontribusikan kepada masyarakat saat kembali nanti," lanjutnya.

Nadiem mengatakan, rencananya kuota beasiswa untuk guru, dosen dan pelaku budaya akan ditambah.

3. Rincian penerima BPI Kemendikbud

Kemendikbudristek Berikan Beasiswa Pendidikan ke 2.175 OrangUnsplash/Mikael Kristenson

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, merinci 2.175 orang penerima BPI pada semester gasal tahun akademik 2021/2022. Sebanyak 1.948 penerima beasiswa di dalam negeri, 217 penerima di luar negeri dan 10 penerima double degree.

Adapun, rincian berdasakan pendidikan yang sedang ditempuh penerima BPI sebagai berikut:

  • Beasiswa gelar S1/D4 diberikan untuk 373 penerima dari calon guru dan guru mata pelajaran produktif pada SMK, pelaku budaya, dan siswa atau mahasiswa berprestasi.
  • Beasiswa gelar S2 diberikan kepada 335 penerima, dengan rincian 269 penerima program di dalam negeri, 63 di luar negeri, dan 3 gelar ganda yang berasal dari calon dosen perguruan tinggi akademik maupun vokasi, calon guru dan tenaga kependidikan, pelaku budaya, dan mahasiswa berprestasi.
  • Beasiswa gelar S3 diberikan pada 1.467 penerima yang berasal dari dosen perguruan tinggi akademik dan vokasi, guru dan tenaga kependidikan serta pelaku budaya.

Baca Juga: Anies Berikan Beasiswa pada Anak Yatim Piatu karena COVID-19

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya