Comscore Tracker

Komisi X DPR Minta Nadiem Serahkan Kajian Penghapusan Ujian Nasional

Kajian akan diserahkan dalam rapat selanjutnya

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi X DPR, Putra Nababan meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim segera menyerahkan hasil kajian wacana penghapusan ataupun penggantian format Ujian Nasional. Hal ini disampaikan Putra dalam diskusi yang berlangsung di kawasan Jakarta Pusat pada Sabtu (14/12).

"Tolong serahkan kajian dan cetak birunya," kata Putra kepada Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarajat Kemendikbud, Ade Erlangga Masdiana yang datang mewakili Kemendikbud yang dipimpin Nadiem dalam diskusi tersebut.

"Sehingga kami sebagai wakil rakyat bisa kaji, melihat dan menentukan bersama nasib pendidikan 5-10 tahun ke depan," lanjut Putra.

1. Kajian cetak biru harus komprehensif

Komisi X DPR Minta Nadiem Serahkan Kajian Penghapusan Ujian NasionalAnggota Komisi X DPR RI, Putra Nababan (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Putra menjelaskan kajian mengenai penghapusan UN atau penggantian UN harus dapat dijelaskan secara komprehensif. Hal ini dilakukan untuk menghindari Indonesia seolah membeli kucing dalam karung di dunia pendidikan.

"Kita minta kajian ke Kemdikbud sebelum ini (penghapusan UN) jadi keputusan, itu yang kita tunggu sekarang," kata Putra. "Itu juga yang diinginkan ketua DPR," lanjut dia.

Baca Juga: 4 Program Merdeka Belajar ala Nadiem Makarim, UN Resmi Dihapuskan

2. Perubahan format UN berdampak pada banyak hal

Komisi X DPR Minta Nadiem Serahkan Kajian Penghapusan Ujian NasionalDiskusi Merdeka Belajar, Merdeka UN (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Putra mengingatkan perubahan sistem UN akan berdampak pada sejumlah hal. Termasuk di dalammya peraturan menteri, UU, maupun kurikulum. Wacana penghapusan ataupun pergantian sistem UN ini diharapkan dapat segera direalisasikan.

"Kita mengharapkan apa yang digagas disampaikan diinginkan oleh pemerintah dalam hal ini Mendikbud Nadiem Makarim segera direalisasikan," kata Putra. "Segera diganti permennya. Apakah ada implikasi ke undang-undang nya," lanjut dia.

3. Cetak biru akan segera diserahkan kepada Komisi X

Komisi X DPR Minta Nadiem Serahkan Kajian Penghapusan Ujian NasionalKepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarajat Kemendikbud, Ade Erlangga Masdiana (IDN Times/Margiyh Juita Damanik)

Padakesempatan yang sama Erlangga menyatakan pihak Kemendikbud akan segera menyerahkan kajian dan cetak biru yang dimaksud putra. Kajian dan cetak biru rencananya akan diserahkan kepada Komisi X DPR.

Erlangga mengatakan kajian dan cetak biru akan diserahkan pada rapat selanjutnya. "Mohon bersabar. Itu kajiannya sudah bagus, sudah lengkap. Jadi tinggal menyampaikan ke depannya dan nanti dipaparkan di komisi X," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini
http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Menteri Pendidikan Malaysia Puji Rencana Nadiem Hapus Ujian Nasional

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You